16 February 2012

Alat Bantu Dengar AXVA OM-188 Hearing Aid

Di tengah-tengah keterbatasan dana untuk memiliki alat bantu dengar (ABD) bagi penyandang tuna rungu tentu akan menghambat perkembangan diri dan kegiatan tersebut. ABD memang tergolong mahal untuk dibeli jika hanya satu unit saja. Mengingat harga ABD yang ada di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai atau di tempat khusus ABD bisa mencapai 2 - 10 juta per unit.
Oleh karena itu, saya ingin berbagi informasi mengenai ABD yang terjangkau bagi yang memiliki dana pas-pasan serta cukup untuk melakukan aktivitas tersebut. Setidaknya informasi ini adalah alternatif pilihan di antara ABD.
Klik gambar untuk perbesar
AXVA Hearing Aid Model OM-188. ABD memang model lama yang paling sering saya gunakan sejak awal kuliah sekitar tahun 2004 sampai sekarang masih tetap saya pakai. Suaranya cukup jelas dan cukup jernih (menurut saya loh). Harga per unit adalah antara Rp 200.000 s/d Rp 500.000. Saya beli ABD ini di toko alat-alat kesehatan Lower Ground (dekat Carrefour) Mal Cempaka Mas Jakarta Barat. Jika sekarang mungkin toko masih ada atau sudah pindah. Mengingat saya beli ABD ini sekitar tahun 2008.
Spesifikasi ABD adalah sebagai berikut:
Maximum Saturated Output : 128 +4dB
Maximum Gain : 48+5dB
Harmonic Distortion : 15% (<1000Hz) / 10% (<1000Hz)
Equivalent Noise Input : <32dB
Working Current : <8mA
Battery : A675 / LR44
Klik gambar untuk perbesar
Tahan lama sih tergantung pada pemakaiannya. Jika saya, biasanya seminggu ganti baterai jika pemakaian tidak lebih dari 10 - 12 jam sehari. Semakin sering pakai semakin cepat habis baterai, paling cepat 3 hari. Tentunya akan memerlukan stok baterai untuk satu bulan. Jadi. Saya biasanya beli stok baterai LR44/A675 sebanyak satu strip (isi 10 biji) seharga antara Rp 20.000 - Rp 50.000. Kalau pintar tawar, tentu akan murah. Beli di tempat servis jam. Kalau beli di toko jam di mal atau toko khusus jam rada mahal, rata2 Rp 100.000 lebih untuk satu strip. Tergantung pilihan Anda.
Selain itu, ABD ini bisa dipakai di posisi kiri dan kanan serta memiliki 3 ukuran earbuds yang bisa disesuaikan pemakai. Tentu saja yang perlu dihindari adalah air. Air memang musuh utama ABD sehingga sebisa mungkin hindari air, baik berupa keringat, hujan, cipratan air. Jika terkena air, segera matikan dan kering secepat mungkin agar tidak masuk ke dalam komponen yang super kecil dan sangat sulit untuk diperbaiki.
Well, tidak ada warna lain selain warna krem/coklat muda. hanya satu warna. Mau warna lain? Beli yang mahal. he he he...
Inilah informasi yang saya sampaikan kepada siapa saja yang membutuhkan ABD dengan harga terjangkau. Tentu saja dengan niat yang ikhlas dan tulus untuk membantu sesama disabilitas guna meraih hidup yang lebih baik.
Jika ada yang memiliki informasi tentang ABD dengan model terbaru dan harga yang terjangkau, Anda bisa sampaikan di sini melalui kolom khusus atau melalui email untuk dipublikasikan melalui blog saya symbiantrader@gmail.com. Anda membantu mereka akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal dari Allah SWT.
Semoga Sukses.

46 comments:

  1. Anonymous17/6/12 23:52

    bang,, mau tanya.. kalau itu bisa di pakai untuk tuna rungu gag?? yang tingkat pendengarannya : berat ...

    ReplyDelete
  2. Bisa.
    Saya juga penderita tuna rungu kategori berat. Jadi saya mengunakan ini.
    Semoga ABD ini bisa membantu anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assmlkum..
      mw nnya nih Sy mo beli yg
      Spesifikasid'bawah ini
      Max. Output : 130Db +/-5Db
      Accoustic Gain : >50Db
      Input Noise : <30Db
      Harmonic Distortion : <5%
      Frequency Range : 300-4000Hz
      Operation Voltage : Dc1,5Volt
      Operation Current : <4Ma
      Baterai : Ag13

      itu bgus ga Pak... bwat Ibu Saya.
      trmksh.?

      Delete
    2. Halo, Syarif

      Mengenai spek tersebut, belum tentu bagus buat ibu anda.
      Hal ini sangat tergantung pada seberapa parah pendengaran ibu anda. Perlu diketahui bahwa tingkat kerusakan pendengaran ada 4 tingkatan yakni rendah, sedang, berat, sangat berat.
      Jadi, abd perlu disesuaikan dengan tingkatan gangguan pendengaran. Ada baiknya dicoba/tes memakai abd pada ibu anda untuk mengetahui seberapa jelas abd tersebut.
      Semoga membantu

      Delete
  3. Anonymous18/6/12 21:24

    maaf sebelumnya, saya bukan maksud ingin menyinggung,, saya ingin memberikan hadiah kepada teman saya.. beliau penderita tuna rungu.. pendengarannya (maaf) seperti tuli.. apakah bisa di gunakan alat ini?? terima kasih..
    (komentator yang sama seperti di atas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Saya ga tersinggung kog. Malahan saya terharu anda memberikan hadiah berupa ABD kepada beliau anda.

      Well, sebelum membeli alat bantu dengar, ada baiknya dicoba dulu jenis ABD-nya karena tiap ABD memiliki suara harmoni yang berbeda-beda. Malahan saya pernah menemui ABD bagus tetapi suaranya masih ada noise/kurang jelas.
      ABD yang saya pakai itu memiliki suara dengan nada tinggi. Bisa digunakan untuk gangguan dengar kategori ringan sampai berat. Tidak cocok kalau parah/terlampau berat.
      Anda bisa lihat grafik tingkat gangguan pendengaran sebagai panduan di tautan ini:
      http://dimas-am.blogspot.com/2012/05/diagram-tingkat-gangguan-pendengaran.html

      Delete
  4. Anonymous18/6/12 21:25

    harganya untuk tahun 2012 ini kira2 berapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal harga? ABD yang saya pake dibeli tahun 2008 di toko alat2 kesehatan Lower Ground Mal Cempaka Mas Jakarta Timur seharga Rp 200.000 per unit.

      Kalau tahun 2012, mungkin sekitar 300rb - 500rb. Saya kurang tahu. jangan ragu bertanya. Anda bisa cari di toko alat2 kesehatan terdekat anda. Juga ada yang jual ABD di toko kacamata tapi agak mahal, sekitaran 500rb ke atas.
      Semoga membantu.

      Delete
  5. mau nanya mas, adik saya termasuk tuna rungu kategori berat, dan sdh berumur 20 tahun shg bicaranya gagu, apakah masih bisa pake alat tsb.. trimakasih mas atas infonya..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Selama masih dalam batas kategori gangguan pendengaran. Anda bisa mencoba ABD sebelum membeli agar bisa mencari suara dan harmoni yang cocok dengan adik anda. Semoga ini membantu anda.

      Delete
  6. ass.
    pak sya penderita kurang pendengaran alias tuna rungu sejak lahir....bisa kasih sya saran gak gimana cara beli nya secara online...soalnya saya tinggal di daerah jambi, disini gaka aada alat ABD....makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya adalah lebih baik minta bantuan sama saudara atau kerabat yang ada di luar jambi guna membantu anda memilih abd yang benar.
      Jika membeli secara online dikhawatirkan alat tersebut rusak akibat pengiriman atau salah kirim barang. Terlebih lagi bila beli secara online anda tidak bisa mencoba sebelum membeli. Besar kemungkinan anda rugi bila suaranya tidak cocok (noise/ga jelas) ditambah lagi pembelian yang terjadi tidak bisa dikembalikan kecuali ada perjanjian terlebih dahulu.
      Semoga ini bisa membantu anda.

      Delete
  7. terima kasih saran nya pak...
    bisa sya minta tolong sama bapak nggak?

    ReplyDelete
  8. kalo bisa sya pesan nya sama bapak aja....

    ReplyDelete
  9. Anonymous3/10/12 13:10

    Meski saya tidak melakukan posting. Tapi saya mau katakan informasi yang diberikan Mas Dimas mantap. saya mau cek ah kesana kalo tokonya masih ada. Saya mau beli buat bunda saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya senang info ini bisa membantu anda.

      Sebelum membeli, ada baiknya dicoba dulu apakah suara dan harmoninya cocok dengan bunda anda. Bila tidak cocok, bisa dicoba di tempat lain.

      Delete
  10. kira-kira perlu berapa lama untuk beradaptasi dengan alat ini. terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Tergantung pada anda seberapa cepat beradaptasi dengan abd ini. Tiap orang memiliki harmoni yang berbeda-beda sehingga butuh waktu untuk membiasakan dengan abd ini.
    Sejujurnya saya tidak bisa menjawab dengan pasti berapa lama beradaptasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous5/11/12 17:06

      saya baru beli produk LF-02G (http://www.living-forever.com/LF02G-e.htm) di ebay, cuman kenapa volume nya hanya sampai dengan 6, bagaimana dengan volume produk OM-188? saya beli produk itu karena plastik buat telinganya keliatan enak, hemat batere & ada otomatis mati di box-nya (2 terakhir di promosi-nya).

      Delete
    2. Volume pada abd Axva OM-188 hanya maks 4 level. terbuat dari plastik juga.
      Well, selamat yah. Semoga abd yang beli dapat awet hingga beberapa tahun ke depan serta dapat mendengarkan dengan baik.
      Anda bisa bagi-bagi info tentang abd yang anda beli sebagai referensi bagi teman lain yang berminat.

      Delete
    3. Anonymous5/11/12 21:59

      saya benar-benar terbantu dengan jenis-jenis alat bantu dengar yang anda infokan baik kelebihan dan kekurangannya. sebetulnya alat ini buat saya berikan kepada mbah saya yang 94th, tadi saya cobakan ternyata memang ditelinga kanan kurang dengar dan telinga kiri agak dengar (saya kurang tahu apa memang begitu, artinya menjadi kurang dengar itu tidak kedua-duanya sekaligus) padahal volume sudah dibikin max 6(enam).
      untuk teman-teman yang butuh dengan merek axva bisa lihat di;
      http://www.mitramedilab.com/products/16/0/Alat-Bantu-Dengar/
      atau produk yang saya pesan diatas (butuh 1-minggu sampai di indonesia dari taiwan).
      http://www.ebay.ca/itm/ws/eBayISAPI.dll?ViewItem&item=400331895219&ssPageName=ADME:X:RTQ:CA:1123

      Delete
    4. Terima kasih atas informasinya. Saya akan memberikan kepada mereka yang membutuhkanya.

      Delete
  12. mo tanya bang..apa sipenderita harus di periksa dulu sebelum menggunakan abd???

    ReplyDelete
  13. Ya benar. Dengan memeriksa pendengaran kita akan mengetahui tingkat gangguan/kerusakan pendengaran serta menentukan jenis abd yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.
    Bila tidak periksa, akan sulit menentukan jenis abd yang berujung tidak pernah dipakai sama sekali.
    Bila malas ke dokter untuk diperiksa, setidaknya anda perlu membaca artikel ini tentang diagram tingkat gangguan pendengaran
    http://dimas-am.blogspot.com/2012/05/diagram-tingkat-gangguan-pendengaran.html.

    ReplyDelete
  14. Mas, Axva OM-188 ini termasuk yg jenis analog apa digital ya? rencana buat anak saya usia 2 th. hasil tes Beranya 60db. Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ABD jenis ini termasuk kategori analog karena komponen-komponen masih terdiri komponen lama.

      ABD cocok untuk penderita gangguan dengar kategori berat. Namun, ada baiknya dicoba terlebih dahulu sebelum membeli untuk mencari kecocokan dan kenyamanan pemakai.

      Semoga ini membantu anda

      Delete
  15. Selamat pagi. Saya kemarin membeli hearing aid wireless ini untuk bapak saya. Tapi kenapa stlh dipakai ada suara berdenging ya? Padahal sebelumnya tidak begitu. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikut ini beberapa penyebab suara denging pada abd:
      pertama, volume terlalu tinggi.
      Kedua, earbuds belum masuk ke liang telinga dengan benar
      Ketiga, anda orang yang normal mencoba abd tentu berbeda dengan penderita gangguan dengar. Di sisi normal mengatakan alat ini berdenging dan berpikir rusak, di sisi penderita tidak mendengar suara denging. di sinilah sering terjadi perbedaan suara pada abd.
      keempat, bila orang normal dan penderita sama-sama memdengar suara denging meski volume kecil, bisa dicurigai alat itu rusak dan mestinya bisa ditukar selama masa garansi ketika belum lama dipakai.
      Kelima, adanya suara bising di sekitar yang mengganggu abd, misalnya suara motor kencang yang lewat atau apa pun suara yang frekuensi tinggi.
      keenam, terlalu dekat dengan hp. Alat ini sensitif terhadap gelombang radio seperti hp. Suaranya kayak terrrt...terrrt....terrrt... bila ada telepon/sms yang masuk/keluar.
      Inilah penyebabnya saya sering temukan bila menggunakan abd.
      Sebaiknya periksa terlebih dahulu abd dan sekitarnya.

      Delete
  16. Saya ingin sharing dengan Mas Dimas. Apa saya bisa minta alamat emailnya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirim sharing anda ke symbiantrader@gmail.com.
      Saya tunggu kisah anda.
      Terima kasih

      Delete
  17. gan~
    saya lagi cari alat bantu dengar tapi yang masih pakai kabel..
    kira2 agan nyediain ngak yang ky begitu~
    klu ada telp atw sms ke no 089624324767
    ditunggu segera~
    saya di kota jakarta
    thanks~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ABD model kabel masih ada yang jual. Banyakan dijual di toko-toko alat kesehatan di kota besar.
      Harga biasanya murah sekitaran 300rb karena model ini jarang dipakai.
      Sebelum beli, cobalah tes suaranya gimana baru harganya...

      Delete
  18. Salam kenal Pak. Informasinya sangat bermanfaat. Memang ada banyak jenis alat bantu dengar mulai dari yang murah sampai yang perlu merogoh kocek sangat dalam. Sekedar informasi, mungkin boleh kami informasikan daftar harga alat bantu dengar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas informasinya.
      Dengan adanya informasi harga abd tentunya akan membantu mereka dalam menentukan jenis abd.

      Delete
  19. Anonymous21/5/13 09:35

    Saya ingin mencari alat bantu dengar berbentuk kacamata, ini pernah sy coba ketika pemeriksaan , Hasilnya sangat bagus. Namun ketika itu dana sy masih jauh kurang untuk membelinya.
    Tempat sy melakukan pemeriksaan telah pindh alamat. bisa info dimana didapatkan, alat bantu dengar berbentuk kacamata tersebut ?

    ReplyDelete
  20. Anonymous26/6/13 11:10

    Salam Pak Dimas,

    Saya perlu rekomendasi bpk mengenai abd apa yang cocok buat anak remaja? ini untuk adik saya pak, dia sepertinya harus menggunakan abd skrg. Yang saya khawatirkan, dia akan minder dengan pergaulannya jika menggunakan abd tsb. Mohon advice ya pak.

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak banyak abd yang lagi trend yang sesuai zaman sekarang. Kalaupun ada, itu abd model digital yang bisa mengikuti trend yang saat ini agak mahal dari abd analog yang hanya satu warna/model.
      Sebaiknya dicoba dulu model abd yang akan dipakai. Untuk referensi, silahkan baca artikel :
      http://dimas-am.blogspot.com/2012/03/jenis-alat-bantu-dengar.html

      Delete
  21. Terima kasih atas sharingnya, Pak Dimas.

    Memang saat ini kendala yang dihadapi adalah, Alat Bantu Dengar (ABD) digital harganya jauh lebih mahal daripada ABD analog.

    Satu sisi, pengguna ABD analog mengatakan bahwa ABD analog suaranya jauh lebih mantap daripada ABD digital. Hal ini terjadi karena pada ABD digital sudah dilengkapi noise reduction yang tidak dijumpai pada ABD analog.

    Selain itu, ABD digital yang lebih modern sudah dapat diprogram mengikuti audiogram penggunanya, disesuaikan dengan bentuk gangguan pendengaran yang dialami. Sedangkan ABD analog mengamplifikasi suara yang masuk secara linier - hal ini akan merugikan bagi yang audiogram-nya tidak flat, karena akan memperparah gangguan pendengaran yang dialami.

    Sebaiknya, sebelum membeli ABD, disarankan untuk melakukan pemeriksaan pendengaran terlebih dahulu - paling tidak mengikuti tes audiometri, sehingga dapat diketahui tingkat gangguan pendengaran yang dialami dan diketahui juga di frekuensi mana saja yang gangguan-nya sudah cukup parah (dilihat dari bentuk audiogram: flat-semua frekuensi, slooping-frekuensi tinggi, atau reverse slooping-frekuensi rendah).

    Semoga sharing ini dapat bermanfaat.
    Selamat berbagi.

    ReplyDelete
  22. Salam Pak Dimas...
    Saya baru aja beli Alat Bantu Dengar AXVA OM-188 ini utk kakak saya. Belinya secara online. Tapi waktu saya coba, berdenging cukup kuat waktu didekatkan ke telinga sehingga tidak bisa digunakan.
    Itu kenapa ya pak? Apa memang alat yang saya beli ini rusak?

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum mas. Saya seorg ibu yg mempunyai bayi dgn gangguan pendengaran. Tes dgn alat bera tdk terdeteksi max. 100 d. Berarti anak saya diatas 100 d. Alat apa yg cocok buat anak saya? Apakah dgn ABD cocok buat kategori sangat berat? Umur anak saya 1 tahun 10 bulan.Terima kasih atas info & sarannya

    ReplyDelete
  24. mas saya punya anak umur 3 tahun mengalami gangguan pendengaran tingkat sedang apakah cocok dengan ABD. terima kasih atas info dan sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. ABD model ini bisa untuk tingkat dari rendah sampai sangat berat.
      Buat anak kecil seperti bapak, ada baiknya menggunakan ABD model BTE (behind the ear) berukuran kecil atau model anak-anak agar mudah kontrol pemakaian seperti volume suara dan pemasangannya, karena anak kecil biasanya suka copot-copot ABD atau lepas ketika bermain.
      Untuk model lain seperti ITE, ITC kurang disarankan, hal ini menyulitkan kontrol volume suara selain itu rawan keringat.

      Delete
  25. Kak, sy ada beliin buat ortu. Ini kan baterai udah lemah, trud sy beli baterainya di toko jam yg harga murah koq ga mau nyala ya, apa baterai khusus ya? Ada pengalaman begini ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear, Idha Purnomo. Tidak disarankan menggunakan baterai yang khusus jam untuk dipakai pada ABD karena memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda meski secara kasat mata terlihat sama ukuran. Hal ini justru boros dalam pembelian baterai biasa dimana tiap bulan menghabiskan 1-2 strip baterai.
      Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan baterai khusus abd yang jauh lebih irit meski mahal dikit. 1 baterai bisa awet hingga 2-4 hari pemakaian normal sekitar 8-10 jam per hari. jadi 1 strip berisi 6 biji bisa awet 1-2 bulan tergantung pemakaian.

      Delete