08 March 2012

Jenis Alat Bantu Dengar

Memilih jenis alat bantu dengar (ABD) memang gampang-gampang susah. Harus tahu jenis dan penggunaannya. karena tiap abd memiliki fungsi masing-masing dengan tingkat gangguan pendengaran yang berbeda. Antara yang satu dengan yang lain tidak sama. Jangan harap menggunakan ABD Mahal hanya untuk tingkat gangguan pendengaran yang rendah. Masih banyak yang bisa dicoba untuk digunakan dan tidak kalah bagus dengan harga terjangkau.
Jadi, sebelum membeli ABD, mari kita lihat dulu jenis ABD dan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing agar tidak salah dalam memilihnya.
ABD terdiri dari 4 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Behind the Ear (BTE) adalah ABD yang dipasang pada bagian belakang telinga dan dihubungkan ke earmould yang dipasang tepat ditelinga luar. Alat ini menggunakan komponen cetakan telinga dengan silikon atau earbuds berbahan karet yang berfungsi sebagai penjernih suara.  Dapat digunakan untuk penderita gangguan pendegaran kategori ringan sampai dengan kategori berat.
Salah satu contoh ABD model ini bisa dilihat di sini
Selain itu juga ada model mini BTE dimana ukuran BTE lebih kecil dari ukuran normal BTE.
Kelebihan :
Model lebih banyak dan beragam serta harga dimulai dari yang terjangkau hingga termahal.  Mudah mengoperasikan untuk segala jenis usia dengan berbagai tingkat gangguan pendengaran. Memiliki earbuds atau earmould yang bisa diganti-ganti sesuai dengan ukuran liang telinga atau jika earbuds atau earmould rusak. Mudah didapatkan baik melalui rumah sakit, toko khusus ABD bahkan toko alat-alat kesehatan.
Model bisa disesuaikan dengan pemakai seperti bentuk, warna, dan ukuran agar tidak kaku dalam pemakaian. Selebihnya sih selera pemakai, apakah maunya lebih gaya atau sekadar memakai saja.
Kekurangan :
Rentan terkena air keringat apabila banyak melakukan aktivitas sedang hingga berat misalnya berlari atau kegiatan di luar ruangan yang banyak terkena matahari, musti bawa saputangan atau tisu buat jaga-jaga dan lap keringat. Mudah jatuh jika melompat atau berlari. Terdapat adanya noise atau distorsi bila mencoba menelepon dengan handphone/seluler akibat sinyal.
 

2. In the Ear (ITE) atau model dalam telinga adalah ABD model dalam telinga (In the ear aids (ITC). Alat ini memberikan kenyamanan yang lebih kepada pemakainya karena terletak pada bagian dalam dan tidak tampak dari luar. Di dalam komponen alat ini terpasang telecoil yang merupakan suatu kumparan magnet kecil yang dapat memungkinkan pengguna alat bantu dengar tersebut untuk lebih nyaman dalam bertelepon. Dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori sedang.
Kelebihan :
Ukuran yang relatif kecil. Menggunakan cetakan sel akrilik untuk menentukan bentuk liang telinga luar sehingga bisa melakukan pengepasan ukuran telinga.
Kekurangan :
Harga sedikit lebih mahal dan tentu sangat tergantung pada ukuran telinga karena tidak semua ABD memiliki ukuran yang berbeda-beda. Tidak cocok untuk anak-anak karena Earmould sedikit lebih besar daripada ukuran anak. Lebih banyak dipakai orang dewasa yang sesuai dengan kondisi tertentu. Rentan jatuh jika dipakai anak-anak untuk banyak kegiatan seperti lari atau bermain.
 

3. In the Canal (ITC) adalah ABD bentuk kanal tersebut terdiri atas dua jenis yaitu ITC dan ICC. Alat Bantu dengar jenis ITC bentuk dan ukurannya dapat disesuaikan dengan penggunanya. Alat bantu jenis ini relatif berukuran kecil. Jenis lain adalah ICC. Alat ini terletak di dalam saluran telinga. Kedua alat ini memang sangat nyaman digunakan karena ukurannya yang kecil. Namun untuk kedua macam lat bantu ini hanya memiliki ruang sedikit yang dapat digunakan untuk menyimpan cadangan batere dan mikrofon yang terpasang di dalamnya. Dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori sedang. Selain itu model ini kurang dianjurkan untuk penderita dengan gangguan pendengaran yang cukup berat dan juga kurang disarankan untuk dipakai oleh anak anak.
Kelebihan :
Model ITC adalah model yang menarik karena terbilang ukuran yang kecil dan sangat fungsional dibanding model BTE. Hampir tidak terlihat oleh semua orang karena berada di mulut lubang telinga dan warna yang serupa dengan kulit. Dari jauh memang tidak terlihat namun sedikit terlihat bila dilihat dari samping dan dekat. Cocok untuk anak muda yang tidak ingin terlihat minder menggunakan ABD dalam bepergian atau beraktivitas di luar. Model ini membuat anda bisa mendengarkan suara-suara alami dan cukup jernih dibanding BTE.
Kekurangan :
Salah satu kekurangan adalah semakin besar anak akan lebih longar karena lubang telinga mengalami pertumbuhan ukuran sehingga terus melakukan penyesuaian berulang ketika longgar. Kelemahan lain utama bagi orang tua adalah ABD ini memiliki baterai kecil, jadi jika Anda penderita arthritis akan sulit untuk mengganti baterai. Volume control yang terlalu kecil untuk disesuaikan serta mikrofon dan penerima yang sangat dekat terkadang menyebabkan gangguan yang terjadi dalam ABD. Berisiko tinggi kerusakan akibat kotoran telinga yang menumpuk dan kelembaban di dalam liang telinga.
 

4. Completely-in-the-Canal (CIC) Jenis alat bantu dengar ini berukuran lebih kecil yang diletakan agak ke dalam liang telinga. Dilengkapi dengan tangkai mini sehingga memudahkan pemasangan dan pelepasan. Dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori sedang 
Kelebihan :
Model ini lebih kecil daripada model ITE atau ITC sehingga tidak terlihat dari luar. Memiliki kemampuan menyaring dan mengeluarkan suara yang lebih alami karena dekat dengan gendang telinga.
Kekurangan :
ABD model ini memiliki banyak kelemahan.
Pertama, model CIC lebih mahal daripada ketiga model di atas.
Kedua, sangat tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena akan mengalami pertumbuhan liang telinga sehingga memungkinkan terjatuh semakin besar. Pasalnya ukuran ABD ini memang tetap dan tidak mengikuti ukuran liang telinga anak-anak.
Ketiga, jika anda penderita Arthritis akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan atau mengganti baterai yang ukurannya lebih kecil lagi.
Keempat, adanya gangguan umpan balik terhadap kualitas suara karena mikrofon dan gendang telinga sangat dekat berupa suara noise sehingga kesulitan untuk mendengarkan sekitar dengan jelas.
Kelimat, ini soal kebersihan. Kotoran telinga dan kelembaban berisiko tinggi kerusakan yang juga menyebabkan tingkat perbaikan menjadi lebih tinggi atau sama dengan harga beli baru.
 

5. Implant adalah ABD model implan yang biasanya ditanam di bagian belakang struktur telinga.
Kelebihan :

Kekurangan :
Kekurangan utama adalah model implant terbilang paling mahal daripada model-model di atas karena pemasangan implan harus melalui operasi khusus untuk menanam receiver di bagian gendang telinga dan mengatur volume melalui perangkat mini eksternal. Juga sangat sulit untuk menemukan karena harus dipesan secara khusus melalui dokter bagian tht.
  

6. Wired Hearing Aid adalah ABD yang menggunakan kabel sebagai penghubung antara mikrofon dan earmould. Nama lain adalah Pocket Hearing Aid. Dari namanya diketahui bahwa ABD yang diletakan atau dijepitkan di dalam saku atau kantong khusus. Menggunakan kabel sebagai media membawa sinyal listrik ke speaker atau earmould. Earmould dicetak dengan menggunakan silikon atau akrilik secara khusus untuk membentuk bagian daun telinga agar pas.
Model ini juga mengalami banyak perubahan pada model dari yang kaku hingga model futuristik. Menggunakan baterai umum seperti baterai AA atau AAA. Cukup taruh di kantong baju.  Dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori berat. ABD jenis ini digunakan pada gangguan dengar tingkat sedang hingga sangat berat.
Kelebihan:
Sudah banyak yang menyerupai mini mp3 player yang membuat orang mengira itu adalah pemutar musik dan bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dengan gaya.
Kekurangan :
Agak merepotkan dalam pemasangkan karena perlu sembunyikan kabel ABD dibalik baju. Satu kabel ada dua earmould maka sulit untuk mendapatkan pengganti bila salah satu earmould rusak. Selain itu  ABD jenis pocket ini jika dipakai oleh bayi adalah bentuk atau ukuran receiver yang besar. Ketika dipasang untuk bayi, receiver ini bentuknya lebih besar dibanding ukuran telinga bayi sehingga bisa menyebabkan iritasi atau luka pada daun telinga.
 

7. Bone Conducting Implant (Implan Hantaran Tulang). digunakan untuk penderita dengan gangguan pendengaran konduktif dan memiliki masalah otologi, misalnya masalah otitis media dan kelainan telinga luar. Saat ini juga tersedia bone conduction aid yang berbentuk kacamata, sehingga bisa digunakan bersamaan jika pemakai memiliki masalah visual karena pemakai hanya perlu mengganti ukuran lensanya saja yang sesuai.
Yang perlu diketahui bahwa alat jenis ini digunakan jika orang yang memiliki kelainan pada liang telinga. Masalah yang timbul adalah telinga luar, tengah atau satu telinga mungkin tidak berfungsi sama sekali yang mengakibatkan suara tidak dapat masuk ke dalam telinga. Untuk mengatasi hambatan adalah membuat jalan yang berbeda untuk suara ke telinga bagian dalam dengan memotong hambatan pendengaran yakni melalui implan hantaran tulang. untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Kelebihan :
Model ini untuk mengatasi kelainan yang dampak pada telinga dan bisa disandingkan dengan kacamata visual.
kekurangan :
Terbilang mahal karena harus melakukan prosedur operasi untuk menanam bagian tersebut ke tulang bagian belakang kepala. Harga kasarnya adalah sekitar USD 4000 (kalau dirupiahkan bisa sekitar Rp 38 juta dengan kurs Rp 9500 tidak termasuk biaya lain-lain)
  

Diantara informasi di atas, juga saya selipkan sedikit pengalaman tentang jenis ABD model BTE karena pengalaman memakai model BTE selama lebih dari 10 tahun.
Akhir kata bahwa memilih ABD kembali kepada selera pemakai dan tingkat gangguan pendengaran penderita. Hanya penderita lebih tahu mana yang lebih cocok dalam menggunakan ABD untuk aktivitas tertentu. Saya sebagai penderita tuna rungu sewajarnya memberikan informasi yang bermanfaat kepada sesamanya untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.
Selain itu, kita mesti bersyukur dengan keadaan kita adalah makhluk ciptaan Allah SWT dengan segala kelebihan dan kekurangan. Jangan banyak berkeluh kesah dengan keadaan yang tidak normal dan perbanyak aktivitas yang lebih bermanfaat sesuai dengan keadaan kita.
Semoga Sukses.

Disaring dari berbagai sumber.

30 comments:

  1. Replies
    1. terima kasih. Saya memang ingin membantu penyandang cacat dengan memberikan informasi yang dapat membantu dan meningkatkan motivasi agar terus prestasi.

      Delete
  2. berapa harga benda tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benda mana yang anda maksud...?
      saat ini mulai dari 200ribu sampai milyaran.

      Delete
  3. Thanks u infonya
    untuk Tips merawat Alat Bantu Dengar bisa cek di
    http://alatdengarku.blogspot.com/2012/12/tips-memilih-alat-dengar-hearing-aid.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berbagi info.
      Semoga bermanfaat bagi pengguna abd.

      Delete
  4. Artikel yang sangat menarik...

    Memang susah-susah gampang memilih alat bantu dengar. Tetapi tenaga ahli yang berdedikasi pasti akan membuat itu mudah. Dimana mereka bisa membantu kita menentukan alat bantu dengar yang mana yang sangat kita butuhkan sesuai dengan lingkungan kita biasa tinggal dan juga pastinya sesuai dengan budget kita.

    Salah menentukan pilihan bisa membuat penurunan pendengaran kita semakin parah dan tentunya akan menurunkan kualitas hidup kita juga. Jadi tak ada salahnya mencoba ke Pusat Pendengaran yang ada di kota terdekat anda. Bandingkan 1 dengan lainnya. Dan putuskan, mana yang akan kita percaya untuk menjadi konsultan kita selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar pak,
      Saat ini memang tersedia ragam abd yang menyulitkan untuk menentukan pilihan.
      Berdasarkan pengalaman saya, abd dengan harga mahal belum tentu membantu. Kadang kalanya malah ada yang memilih murah bukan karena alasan harga tetapi alasan fungsionalitas dan kenyamanan pemakainya.
      Saya memakai abd buatan china yang murah seharga 250rb/unit karena nyaman memakai dan cukup membantu dalam aktivitas saya.
      Jadi, andalah yang menentukan pilihan, bukan orang lain yang memilih untuk anda.

      Delete
  5. Anonymous26/3/13 23:57

    assalamualikum bang untuk yang ite itu berapa kira2 harganya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam
      Yang saya tahu bahwa ABD model ITE itu harga berkisar di atas 1 juta. Biasanya ada di toko-toko khusus ABD.
      Itu harga perkiraan saya karena belum pernah pakai sama sekali.
      semoga membantu.

      Delete
  6. Anonymous29/3/13 18:00

    terimakasih bang informasinya,,karena saya juga penderita dalam kategori ringan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.
      Senang rasanya bisa membantu dengan memberikan informasi yang berguna bagi penyandang disabilitas...
      tetap semangat bung!

      Delete
  7. kalau yang jenis Wired Hearing Aid itu harganya berapa ya, Pak.
    modelnya ada berapa macam.
    saya mau nya yang biasa2 dulu, karena saya mau coba2 dulu.
    karena belakangan ini pendengaran saya agak berkurang.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wired Hearing Aid itu model lama yang biasanya dipakai oleh kalangan orang tua. Model ini harganya sedikit lebih murah dibanding wireless hearing aid.
      Soal harga, maaf, saya kurang tahu karena tidak pernah lagi membeli dengan alasan ribet karena kabel.
      Anda bisa coba abd tersebut di toko alat kesehatan atau gerai khusus abd. Jangan ragu untuk bertanya agar anda dapat kepastian harga.
      terima kasih.

      Delete
  8. Anonymous15/4/13 10:22

    mas dimas saya nanya lagi ya..
    yang itc berapa harganya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau model ABD Axva OM-188, saya beli di ITC Cempaka Mas Lt. Ground dekat Carrefour, gerai alat kesehatan. Harga per unit Rp 200.000 (harga tahun 2008).
      Kalau model lainnya, saya kurang tahu.
      Terima kasih.

      Delete
  9. Anonymous16/4/13 20:17

    assalamualaikum mas dimas, saya evi dari tangerang, sepupu saya mengalami perempuan mengalami gangguan pendengaran (tuli) sejak usianya 7 atau 8 tahun, sekarang sepupu saya berusia kurang lebih 21 tahun.. mulanya karena radang penyakit gondok (gondrong) setelah sembuh langsung keramas dan tidur, setelah bangun tidur tiba2 sepupu saya tidak dapat mendengar apa2.. pernah di coba ke RS namun, karena keterbatasan biaya pihak keluarga tidak melanjutkan pengobatan, kira2 mas ada atau tidak pengobatan atau implan yang dapat dilakukan oleh pihak keluarga dengan biaya yang ringan.. makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam.
      Setahu saya penyakit gondrong dapat menyebabkan kehilangan pendengaran dan bisa diobati.
      Implan merupakan penanaman device/abd ke bagian belakang telinga menuju liang telinga dengan operasi. Implan tidan termasuk pengobatan.
      Sejujurnya, saya belum tahu tentang pengobatan masalah pendengaran.
      Bagi yang kehilangan pendengaran sejak lahir tidak dapat diobati, selain itu bila diakibatkan cedera/kecelakaan, memang bisa diobati namun tidak sampai 100% sembuh.
      terima kasih

      Delete
    2. Anonymous19/9/14 23:13

      apa kbr mas dimas.. salam kenal
      saya juga menderita gangguan pendengaran dlm kategori ringan.. kalo untuk alat ADB yg ITC harganya kira2 berapa ya ?. . ini email saya..salam kenal ya..

      Email : Alexabi_will@yahoo.com

      Delete
  10. Anonymous11/6/13 22:26

    assalamu'alaikum ,,
    Salam kenal mas bro , sy jg penderita gangguan pendengaran berat , 5 thn an ni sy pke abd cina tp msh kurang bsa mmbantu ,, rencana nya mau ganti abd digital,, mungkin da sran2 dri mas bro ,, thanks ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. abd digital memang sedikit mahal.
      sebelum membeli, ada baiknya coba dulu tes abd digital untuk mencari kecocokan dengan kondisi telinga anda.
      coba terus sampai anda dapat yang cocok. Juga perhatikan harga yang ditawarkan.
      hanya itu saran yang saya bisa sampaikan.

      Delete
  11. salam knal mas dimas,saya elly,saya mengalami ganguan pendengaran (gak sampai tuli),apakah ada alat bantu dengar yang hrganya tak mahal dan yang cocok tdk menggangu kshatan saya trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Frista
      Memilih ABD disesuakan dengan tingkat gangguan pendengaran.
      Hanya saja karena anda tidak menyebutkan secara spesifik seberapa parah gangguan pendengaran sehingga saya sulit untuk membantu memilih ABD untuk anda.
      ABD yang murah dimulai berkisar Rp 200rb sampai dengan 1 juta tergantung merek dan modelnya.
      ABD murah bisa didapatkan di toko-toko alat kesehatan terdekat di kota anda.

      Delete
  12. Hai Pak Dimas, saya seorang ibu yg memiliki bayigangguan pendengaran sejak lahir dikarenakan saat hamil semester awal sy terkena rubeola. Dokter fetamatornal saat sy hamil mengatakan sy rubeola bkn rubela, dan baby sy kecil kemungkinan terkena infeksi. Tp saat lahir sy test OAE
    telinga kanan selalu refer tp kiri ok . Anak saya test BERA saat 6 bln
    dokter diagnosis anak sy mengalami gangguan pendengaran sampai 100db.

    Dan saran dktr menggunakan ABD untuk telinga kanan nya. Stlh itu sy
    dtg ke PUsat alat bantu dengar setelah berdiskusi dgn mbak petugas
    disanaa. Mereka menyarankan jgn menggunakan ABD dlumengingat anak sy baru 6bln dan telinga kirinya toh dpt mendengar dgn baik.mnrt
    mereka tunggu perkembangan sampai umur 1 thn klo anak tdk ada
    hambatan dlm berbicaraa sepertinya tdk perlu pakai ABD sampai anak
    membutuhkannya suatu saat nanti .tunggu anak meminta nya sendiri.
    Karena ada pengalaman pasien mereka yg sjk lahir anaknya hnya
    menggunakan 1 telinga dlm mendengar tdk ada masalah sampai anak
    meminta dipakai ABD saat sudah sekolah SMP. Saya ingin meminta
    saran dari Bapak perihal ini. Perlukah anak sy memakai ABD saat ini usia
    sdh 8 bln dan perkembangan bicara normal. Sdh bisa bicara mamama
    papapa,enggak, dan celoteh2. Tlg sarannya ya Pak
    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Chel
      Memang benar apa yang dikatakan ahli bahwa anak yang berusia di bawah 1 tahun tidak disarankan memakai ABD karena perkembangan komunikasi belum terlihat dan tidak tampak. Biasanya gangguan ini mulai terlihat sejak berusia di atas 2 tahun yakni apa bila dipanggil tidak merespon atau lambat menerima respon dalam komunikasi.
      Apa bila anak anda tersebut dapat berbicara dengan normal layaknya orang lain dan menurut anda mampu merespon kata-kata anda, maka anak anda tidak memerlukan sama sekali abd.
      ABD digunakan apabila anak anda mengalami kesulitan komunikasi semisalnya berbicara meski dengan kata-kata sederhana tetapi tidak merespon atau tidak dengar.
      Dalam pandangan tuna rungu, tidak memakai abd tentu tidak akan mendengarkan suara apa pun seperti berada dalam ruangan kedap suara.
      Jadi, cobalah untuk memantau perkembangan anak anda serta cara komunikasi anda. Perhatikan sikap dan tingkah laku anak anda dalam komunikasi guna mengetahui seberapa bagus responnya.
      Semoga ini bisa membantu anda. Terima kasih

      Delete
  13. "السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ"
    Mas ...punya FB ga klo da sya mo add and bisa sharing terimakasih mass....

    ReplyDelete
  14. Anonymous26/2/14 17:55

    Pak Dimas luar biasa artikel-artikelnya. Saya minta ijin tuk copas ya pak biar saya share lebih luas lagi. Trimakasih
    fb:alat bantu dengar bluetooth.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan. jangan lupa disertakan sumbernya.
      terima kasih.

      Delete