26 April 2013

Lebih Baik Dikritik Daripada Dipuji

Kritik adalah sesuatu yang sangat ingin dihindari banyak orang karena kritik itu terasa tajam bagaikan pisau yang menusuk hati saat mendengarnya. Sudah barang tentu kritik banyak dikeluarkan dibanding pujian yang didapatkan. Jika orang yang menyelesaikan suatu pekerjaan, biasanya menyiapkan diri jika sewaktu-waktu dikritik oleh atasan atau orang penting. Sebisa mungkin orang menghindari kritikan dan berusaha mendapatkan pujian.
Mengapa kritikan adalah hal yang paling dihindari banyak orang? Padahal kritikan itu mengandung sisi positif dan hikmah dari pekerjaan yang dilakukan.
Sungguh orang itu tidak membuka pikiran untuk mengembangkan diri dan memperluas pengetahuan serta memperkaya pengalaman melalui kritikan. Kritikan bisa membangun karakter yang lebih tangguh dan handal dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada. Jika pujian hanya membuat orang merasa berada di zona yang nyaman padahal masih banyak persoalan tersebut. Lebih banyak pujian membuat orang tidak mau berkembang ke arah yang lebih baik. Stagnan dan stabil gitu loh...
Lihat apa yang dikatakan aktris Hollywood saat ajang penghargaan bergengsi Oscar, Halle Berry.

"Anda tidak berhak dipuji jika tidak bisa menerima kritikan"

Itulah kalimat dahsyat yang disampaikan Halle Berry, artis peraih Oscar melalui film James Bond 'Die Another Day' di tahun 2004 ketika mendapat piala Razzie Award. Razzie Award adalah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang dinilai aktingnya buruk. Label pemain terburuk ini didapatkan Halle setelah memainkan perannya di film 'Cat Woman'. Ia adalah orang yang pertama kali langsung datang ke tempat pemberian penghargaan tersebut. Tidak ada Aktor dan Artis lain sebelumnya yang sanggup datang dan hanya menyampaikan pesannya melalui video.
Sambutannya sungguh menarik : "Saya menerima penghargaan ini dengan tulus. Saya menganggap ini sebagai kritik bagi saya untuk tampil lebih baik di film-film saya berikutnya. Saya masih ingat pesan ibu saya bahwa... 'Kamu tidak berhak dipuji kalau kamu tidak bisa menerima kritikan'."
Tepukan tangan sambil berdiri sebagai bentuk ketakjuban dari para hadirin sangat memeriahkan malam itu. Ya, sangat sedikit orang yang sanggup menerima kritikan seperti Halle.  

Tulisan ini saya pinjam dari seorang pebisnis online Indonesia, Anne Ahira, karena apa yang saya tulis sesuai dengan judul di atas.
Setidaknya kritikan ini bisa membantu anda dalam meningkatkan kepribadian anda sebagai seorang penyandang tuna rungu yang handal dan tangguh dalam hidup anda. Bukankah lebih baik kita berusaha meraih impian dengan segala usaha kita sendiri tanpa harus menunggu bantuan?

No comments:

Post a Comment