25 May 2015

Unik! Boneka Ini Memakai Alat Bantu Dengar dan Punya Tanda Lahir

Foto : detik.com/makies
Kondisi tubuh yang kurang sempurna kerap membuat penyandang disabilitas mendapat diskriminasi hingga mereka minder. Untuk membantu agar anak-anak juga orang dewasa tidak merasa minder dengan kondisi mereka, produsen boneka yang berbasis di London pun menciptakan sebuah boneka tak biasa.

Melalui kampanye #ToyLikeMe di jejaring sosial, produsen boneka bernama Makies meluncurkan boneka-boneka tak biasa. Sebab, boneka itu menunjukkan seorang anak perempuan yang di wajahnya terdapat tanda lahir berwarna merah, menggunakan tongkat, juga ada boneka yang menggunakan alat bantu dengar.

"Kami sangat senang bisa menghasilkan boneka ini. Kami harap boneka ini bisa memberi semangat baru bagi para penyandang disabilitas," tulis pihak perusahaan dalam laman facebooknya dan dikutip pada Rabu (20/5/2015).

Sejak dibentuk tahun 2011, Makies memberi kesempatan bagi konsumen untuk mendesain sendiri boneka yang diinginkan. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jika para orang tua ingin membuatkan boneka yang sesuai dengan kondisi anaknya yang 'tidak biasa'.

Dikutip dari Metro, Makies juga menyediakan boneka yang memakai kursi roda. Peluncuran boneka dengan disabilitas ini mendapat tanggapan baik dari para konsumen, salah satunya Vilissa K Thompson yang merupakan penulis dengan disablitias di mana ia harus menggunakan kursi roda dalam kesehariannya.

Sementara, jika ada permintaan untuk membuat boneka dengan implan koklea seperti yang diminta pengguna akun Facebook bernama Christie Baratela, pihak produsen berusaha untuk membuat boneka tersebut. Tujuannya, tak lain agar penyandang disabilitas bisa lebih percaya diri dan diharapkan tidak lagi mendapat diskriminasi dari masyarakat sekitar.

Well, menurut saya, ini adalah sebuah cara unik dan kreatif dalam merangsang anak-anak yang berkebutuhan khusus agar tidak lagi minder menghadapi lingkungan banyak orang. Saya merasa tersanjung pada orang yang mengerti pada anak berkebutuhan khusus.

Bagaimana dengan anda?


Sumber : detik.com

No comments:

Post a Comment