19 March 2017

Apa itu Pendengaran Binaural


Setelah kita mengetahui bagaimana cara kerja telinga dan alat bantu dengar dalam melakukan tugasnya dalam menyampaikan suara dari sumber menuju otak melalui saraf pendengaran. Cara kerja dalam tubuh demikian sangatlah rumit. Abd hanyalah sebuah alat bantu untuk saling melengkapi agar bisa mendengarkan dengan baik.

So, berikut ini, mari kita simak bagaimana pendengaran binaural yaitu fungsi dari kedua telinga dalam menerima sebuah suara dari sumber.


Ketahuilah bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kita sebuah indera yaitu indera pendengaran karena suatu alasan yaitu mendengar secara binaural. Apa itu binaural?

Sebuah kemampuan untuk membantu kita melokalisasi suara tidak peduli dari mana mereka berasal. Hal ini juga memungkinkan kita untuk secara tepat fokus pada apa yang ingin kita dengar dengan membiarkan kita merasakan suara-suara tertentu seperti percakapan keras dan lebih jelas sementara mengabaikan orang lain di sekitar.

Dalam hal ini, pendengaran binaural terdapat beberapa proses yaitu:

Binaural menggurangi suara yang tidak diperlukan
Ketika kita mendengar suara di kedua telinga, itu seperti mendengar suara yang sama dua kali. Hal ini membantu otak kita menciptakan citra persepsi yang lebih baik dari suara.

Binaural meredakan kebisingkan
Dalam situasi di mana ada baik kebisingan dan percakapan, mendengar dengan kedua telinga membantu otak kita untuk memberikan sebuah preferensi kebisingan dalam percakapan suara. Hal ini membuat pidato tampak lebih keras daripada yang sebenarnya.

Binaural diarahkan untuk lebih fokus pada suara
Dalam situasi bising dengan banyak suara yang berbeda datang dari tempat yang berbeda, mendengar dengan kedua telinga membantu otak kita memilih salah satu sumber suara yang menarik dan tetap fokus pada suara tersebut.

Berikut video ini untuk memahami bagaimana pendengaran binaural terjadi



So, cukup jelas kan bahwa dua pendengaran jauh lebih jelas ketimbang memakai salah satu telinga untuk mendengar sumber suara.


Sumber : Signia Hearing

No comments:

Post a Comment