07 March 2012

Tips Memilih Alat Bantu Dengar Yang Terjangkau

Memilih alat bantu dengar (ABD) yang terjangkau bagi pemilik dana pas-pasan untuk menunjang kegiatan, entah pendidikan, sosial atau bekerja. Tentunya bagi yang belum pernah menggunakan ABD atau pertama kali menggunakan ABD tentu akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman atau merasa minder jika dipakai.
Selain itu memilih ABD yang nyaman dan terjangkau memiliki tantangan tersendiri bagi pengguna yang pertama kali. Ini berikut tips memilih ABD yang nyaman berdasarkan pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menggunakan ABD biasa.

  1. Sebaiknya perlu dites terlebih dahulu untuk mengetahui tingkatan gangguan pendengaran. Berbeda tingkatan tentu berbeda ABD. Biasanya tes ini diketahui oleh Dokter bidang THT untuk melakukan test.
  2. Cari informasi dari saudara, kerabat, teman dan penyandang tuna rungu yang lain untuk mendapatkan informasi yang lebih baik.
  3. ABD yang terjangkau bisa di cari di toko-toko alat kesehatan di daerah Anda tanpa harus datang langsung ke pusat seperti ke Melawai jika memiliki dana terbatas.
  4. Saat ini ada beberapa tipe ABD, namun yang lebih terjangkau biasanya bertipe di belakang telinga (behind the ear).
  5. Tes ABD terlebih dahulu. Lebih baik coba dulu apakah suaranya sudah jelas dan cukup jernih untuk bicara. Coba dengarkan lingkungan di sekitar toko, bisa dibawa sebentar ke sekitar toko untuk mendengarkan suara. yang penting adalah dengarkan baik-baik.
  6. Jika suara yang cukup jelas dan jernih, perhatikan pula earbuds (seperti karet yang berfungsi untuk menempelkan speaker ke dalam telinga), apakah merasa nyaman untuk dikenakan dalam segala kegiatan. Jika tidak nyaman dikenakan meski suara cukup jernih, Anda bisa memilih model yang lain atau cari di tempat yang lain. ABD haruslah merasa nyaman dan suara yang cukup jernih untuk dikenakan agar bisa terus dipakai tiap hari.
  7. Kalau ada model dan warna yang menarik, anda bisa memilih, namun tetap pada dua inti yaitu kejernihan suara dan kenyamanan pemakaian.
  8. Jika bisa menawar, lakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik.
Ketahuilah, tidak ada jaminan untuk bisa mendengar dengan jelas. Yang pasti, tips memilih ABD akan membantu dalam berkomunikasi dengan baik pula. Saya sarankan adalah mencari informasi dari penyandang tuna rungu yang lain agar mendapat informasi yang lebih jelas karena mereka yang lebih berpengalaman untuk membantu anda.
Well, jika Anda memiliki tips lainnya, saya sangat berterima kasih jika Anda berniat menyampaikan tips yang berguna bagi tuna rungu. So, marilah bantu mereka untuk mendapatkan hidup  yang layak.
Semoga Sukses.

3 comments:

  1. terima kasih banyak mas artikelnya

    ReplyDelete
  2. hatur nuhun kanggo artikel na
    parantos nambah wawasan kuring

    ReplyDelete
  3. Tx mas infonya luar biasa, saya mau beli unt ibu saya 83 thn, ada saran yg jenis mana ya mas. Tx

    ReplyDelete