08 August 2016

Manga Koe no Katachi Berkisah Kehidupan Anak Tuna Rungu

manga koe no katachi
Halo, sobat...

Sudah lama tidak menulis sebuah artikel yang bagus tentang tuna rungu, mengingat saya masih agak sibuk bekerja.

Well...

Kehidupan tuna rungu memang jarang dibahas di berbagai media kecuali hanya dibahas prestasi saja.
Bagaimana dengan kisah kehidupan sehari-harinya?

Daripada membahas prestasi-prestasi yang ditorehkan para penyandang gangguan pendengaran, setidaknya kita perlu membaca kisah kehidupan sehari-harinya.


Adalah manga yang berjudul Koe no katachi atau secara harfiah "A Silent Voice". Sebuah kisah tentang Nishimiya Shōko, seorang gadis yang menyandang gangguan pendengaran dimana berkomunikasi dengan teman melalui buku tulis sebagai media komunikasi. Bersama Ishida Shouya, seorang pemuda nakal yang senang mengganggu dan berbuat onar dalam seisi kelasnya.

Kisah dimulai dari kehidupan sehari-hari di sekolah dasar sebagai murid pindahan yang mengalami masa-masa bully-ing yang menyakitkan hingga beranjak menuju masa sekolah menengah alias SMA.
Shouko belum bisa melupakan masa pahit yang dilalui semasa SD hingga bertemu dengan Shouya seorang pemuda nakal yang telah insaf setelah mendapat sebuah karma akibat perbuatanya dan menebus kesalahannya.
Nishimiya Shouko
Manga Koe no Katachi menerima penghargaan sebagai "Best Rookie Manga" pada tahun 2008. Namun konten tersebut membuatnya sulit untuk mendapatkan publikasi pada setiap majalah manga hingga akhirnya dijemput setelah berbulan-bulan terkena sengketa hukum dengan Bessatsu Shounen Magazine edisi Februari, di mana ia memenangkan tempat pertama. Karena materi pelajaran, serialisasi telah ditinjau dan didukung oleh Federasi Tuna Rungu Jepang. Volume pertama terjual sebanyak 31.714 eksemplar dalam minggu pertama dirilis, masuk peringkat nomor 19 di chart manga Oricon. Kemudian volume kedua masuk peringkat 12 terjual 60.975 dalam minggu pertama. Pada Maret 2014, volume manga memiliki 700.000 eksemplar yang beredar. Hal ini dinominasikan untuk penghargaan 8 Manga Taisho.

Pada bulan Februari 2015, Asahi Shimbun mengumumkan bahwa Koe no Katachi adalah salah satu dari sembilan nominasi untuk Penghargaan Budaya ke-19 Tezuka Osamu. Manga tersebut telah memenangkan penghargaan sebagai New Creator Prize.

Pada bulan April 2016, diumumkan bahwa Koe no Katachi dinominasikan untuk Best AS Edition of International Material-Asia penghargaan di 2016 Eisner Awards.

Well, ini jarang sekali manga yang membahas tentang tuna rungu dalam kehidupan sehari-hari hingga memenangkan penghargaan prestisius seperti ini. Ini yang membuat saya mengatakan manga ini layak untuk dibaca dan dipahami kisahnya bahwa tuna rungu tidak akan membuat kita patah semangat. Malahan bagus dibaca oleh anak yang tuna rungu dan penderita gangguan pendengaran agar bisa memahaminya.

Bagi yang ingin membaca manga dalam bahasa indonesia, anda bisa mampir ke situs ini:
Otaku Indo -> Online reading
Manga Shoujo -> Online reading
Manga Shiro -> Download
Kumpul Manga -> Download

Ah, ya, manga ini bisa membuat anda bisa terbawa perasaan setelah membaca 1-2 chapter dan siapkan satu box tisu...

Rasanya saya ingin berteman dengan Nishimiya dan melindungi......Ah


Dirangkum dari berbagai sumber.
wikipedia.org
animenewsnetwork.com

No comments:

Post a Comment