18 August 2013

Hearing Aid Lotus Model LT-906

Klik untuk perbesar
Setelah sekian lama tidak menulis artukel yang berhubungan dengan alat bantu dengar. Berhubung keterbatasan waktu yang dimiliki untuk menulis artikel ini.

Well, ini adalah alat dengar model lain yang saya coba untuk dipakai yaitu Lotus model LT-906. ABD model ITE ini memang tetaplah murah karena buatan china yang tentu memiliki kualitas yang lumayan.



Model pertama yang saya coba ini berukuran kecil dan dipasang di dalam telinga atau In the Ear (ITE). Memang terlihat kecil. ABD ini model analog sehingga harganya murah dan banyak dipasaran dibanding model digital.

Selain itu, ada model lain yang bisa dicoba yakni Lotus Model LT-155 tipe BTE. Model standar dengan harga pasaran yang sama dengan model ini. Sebuah alternatif bila ABD model AXVA OM-188 tidak ada di pasaran.

Saya membelinya di sebuah toko alat-alat kesehatan Cempaka Mas Ground Lower Jakarta Timur. Saya biasa membeli ditempat yang sama.

ABD ini memiliki kekurangan yaitu tidak adanya tombol atau switch untuk menyalakan atau mematikan. Jadi, bila hendak mematikan abd untuk sementara misalnya tidur maka perlu cabut baterai agar listrik tidak tersedot abis meski sudah dikecilkan volumenya.

Selain itu, kenop pengatur suara / volume berukuran kecil sehingga agak sulit bagi yang punya jari besar. Saya merasa agak sulit atur volume karena jari saya agak besar, selain itu terkadang berdenging pada saat atur volume.

Klik untuk perbesar
ABD ini cocok untuk digunakan penderita gangguan dengar tingkat ringan hingga sangat berat. Harmoni suaranya agak berat seperti suara pria dewasa.

Dari segi harga, ABD ini tergolong murah karena banyak dijual di pasaran tanpa perlu test apa pun. Harganya RP 250.000 per unit untuk tahun 2013 karena ABD ini saya beli pada bulan Juni 2013.

Gambar di samping itu sebuah perlengkapan yang ada dalam satu paket ABD model LT-906.

Well, kembali pada selera anda. Satu hal yang perlu saya ingatkan adalah:
  1. Jangan lupa tes dan tes sebelum beli agar tidak kecewa dikemudian hari.
  2. Jangan lupa tanyakan garansi pergantian baru apabila rusak pada saat pemakaian awal.
  3. Jangan langsung beli sebelum tanya yang sudah pernah pakai agar tidak terkena masalah.
Spesifikasi:
Max Sound Output120+5dB
Sound gain >35dB
Total harmonic wave distortion>5%
Frequency range300Hz ~ 4000Hz
Input noise<30dB
VoltageDC 1.5V
Current<4mA
Battery SizeA312/AG3
Additional Kit- 3 Size earbuds
- 1 small brush
- 1 small special screwdriver
- 1 battery
- Manual book

No comments:

Post a Comment