09 June 2018

Bagaimana Menarik Perhatian Pada Penderita Tuli dan Gangguan Pendengaran

Memanggil atau menarik perhatian pada penyandang tuna rungu (tuli) atau gangguan pendengaran tentunya berbeda dengan orang normal yang hanya cukup memanggil saja. Pada kasus gangguan pendengaran tersebut memiliki cara yang berbeda-beda.
Hal ini tidak banyak orang yang mengetahui cara memanggil atau pun menarik perhatian yang benar terhadap penyandang tersebut.
Seperti yang dirangkum dari sebuah video di youtube yang menuturkan bagaimana cara memanggil atau menarik perhatian lawan bicara yang seorang penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran agar tidak terjadi kesalahpahaman akibat cara yang salah.
Berikut ini cara memanggil
  1. Tepuk pundak (tap on person's shoulder)
    Cukup dengan menepuk pundak saja orang dah bisa merasakan hal tersebut. Jangan tepuk terlalu keras seperti menampar yang tentu akan sakit dan bikin marah orang.
  2. Lambai tangan (wave in the air)
    Lambaikan saja yang pelan dan terlihat oleh penderita tuna rungu. Cara ini sering digunakan ketika seseorang memanggil saya.
  3. Kedipan lampu (switch light on and off)
    Cara yang biasa terjadi di rumah 
  4. Hentakan kaki pada lantai (stomp on the floor)
    Cara ini hanya berguna pada lantai yang bisa menyebarkan getaran kaki akibat hentakan. Kalau lantai keras macam keramik, emang bisa dirasakan? Suara saja ga bisa didengar apalagi kalau dihentak keras-keras tentu akan menarik perhatian orang lain selain penyandang. Bayangkan aja jadi perhatian banyak orang.
  5. Mengetuk meja (tapping on table because feel vibration)
    Cara ini banyak digunakan di berbagai situasi dalam belajar dan bekerja. Hal ini dapat dirasakan hanya dengan ketukan pelan dan penyandang merasakan getaran tersebut.
Hindari bila memanggil:
  1. Jangan berteriak pada seseorang, itu tidak akan berguna karena tidak bisa mendengar panggilan. (don't yell at person)
  2. Jangan melambai di muka seseorang karena dianggap kasar (don't wave in face)
  3. Jangan melempar sesuatu ke penderita tuli. Ini yang kadang bikin marah seseorang.

Simak videonya dari Nicole:



Ingatlah, penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran memerlukan cara yang baik agar tidak mengganggu pada lingkungan orang sekitarnya. Tetap menghormati mereka agar mereka menghormati kita juga. Kita adalah bangsa manusia yang saling membutuhkan satu sama lainnya agar bisa sukses.

Semoga sukses

No comments:

Post a Comment