02 April 2012

Siapa Inspirasi Anda...?

Di saat kita sedang merasa down atau tidak ingin melakukan sesuatu yang kita sukai. Hobi, pekerjaan, dan kegiatan yang disukai pun merasa malas dijalan. Bisa jadi karena kekurangan semangat, gairah, hasrat dan impian untuk mewujudkan sesuatu. Tidak bisa dibantah bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan dukungan dan inspirasi guna meningkatkan gairah dan semangat kerja.
Biasanya wujud inspirasi adalah berupa kalimat bijaksana, nasihat, kisah, ceramah bahkan pesan dari tokoh-tokoh yang dikagumi. Entah dia seorang profesor, kiai, pengusaha sukses, anak-anak, atau siapa pun yang Anda kagumi.
Wajar loh. Saya juga ada orang yang saya kagumi karena kegigihan dan ketekunan dalam berusaha meraih prestasi hingga benar-benar menghasilkan prestasi, bahkan diakui oleh negara atau internasional meski dirinya memiliki banyak kekurangan. Nyatanya kekurangan mereka justru digunakan sebagai kekuatan untuk mencapai keberhasilan. Juga didukung oleh semangat dan inspirasi dari orang yang dikagumi.
Sebenarnya sih, muncul juga pertanyaan yang ada di dalam benak yaitu siapakah sebenarnya orang yang kita kagumi dan memberi kita sebuah inspirasi untuk tetap menjaga semangat kita dikala berjuang mengapai impian?
Tidak mudah menemukan orang yang dikagumi hanya karena penampilan saja tetapi apa yang diperjuangkan selama masa hidup tokoh tersebut. Jadi, hanya perlu menelusuri siapa tokoh dan apa bidang yang dimiliki tokoh yang akan dijadikan inspirasi kita. Toh, tidak harus dengan orang terkenal. Orang tua pun bisa dijadikan inspirasi selama perbuatan atau tindakan yang sesuai dengan apa yang anda sukai.
Mari kita lihat sedikit contoh yang bisa dijadikan sebagai inspirasi atau yang ingin berkenalan dengan tokoh inspirasi. Salah satu inspirasi saya yaitu seorang penyandang tuna rungu yang sukses dan meraih banyak prestasi. Selain itu orang yang saya kagumi karena sifat yang menarik dari sisi pandang saya serta perjuangan yang dia lakukan untuk membantu sesama penyandang tuna rungu. Dia adalah Angkie Yudistia.
Saya memiliki kondisi dan kekurangan yang sama dengan Angkie yaitu sama-sama penyandang tuna rungu. Bedanya adalah sejauh apa prestasi yang kita peroleh. Saya merasa tergerak dengan perjuangan Angkie untuk membantu penyandang tuna rungu mendapatkan hidup atau pekerjaan yang selayaknya orang normal. Tentu saja tidak gampang omongan. Butuh banyak usaha sih.
Ada juga tokoh lain yang saya jadikan inspirasi yaitu penyandang tuna rungu lainnya yang telah meraih prestasi sebagai Miss Deaf World alias Putri Tuna Rungu Dunia. Hebatnya, dia diakui nasional dan internasional dan menjadi duta sosial untuk tuna rungu. Dia adalah Dian Ingrawati.
Ada banyak lagi tokoh-tokoh lainya yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk bersemangat dalam meraih apa yang Anda impikan. Bukan tidak mungkin kalau inspirasi Anda telah membentuk karakter dan sifat yang tangguh dan handal. Apalagi tokoh inspirasi yang bertemu secara langsung pada Anda, tentunya akan menambah semangat.
Well, memang ada banyak tokoh yang Anda kagumi. Namun kadangkalanya ada tokoh yang Anda kagumi berbalik menjadi tokoh yang Anda tidak sukai karena perbuatan atau sikap yang tidak Anda sukai atau tidak sesuai dengan pemahaman Anda. Ini akan menimbulkan perasaan yang sedih atau tidak bersemangat lagi.
Jadi, saya hanya bisa menyarankan Anda untuk melihat lebih dalam siapakah tokoh yang bisa dijadikan sebuah inspirasi serta kisah perjuangan apa saja yang dilakukan agar Anda makin mengenal tokoh dan tidak salah dalam memilihnya. Ambil sisi positif dan hikmah darinya agar bisa memetik sebuah harapan untuk berbuat lebih baik daripada tokoh tersebut. Karena sisi positif mengajarkan seseorang untuk bertindak sesuai dengan nurani dan akal pikiran.
Yang perlu diingat adalah tokoh yang Anda kagumi jugalah manusia biasa yang berjuang meraih impian seperti Anda. Kita mesti tetap bersyukur apa yang Anda peroleh walaupun tidak sesuai dengan harapan. Ingat, Rezeki tetaplah di tangan Allah SWT dan kita mesti terus berusaha.
Semoga Sukses.

No comments:

Post a Comment