30 October 2012

Pentingnya Tes Pendengaran

pentingnya tes pendengaran
Ada sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan tentang tes pendengaran yaitu perlukah melakukan tes pendengaran?
Saya menganggap ini adalah pertanyaan yang kritis dimana tidak semua orang melakukan tes pendengaran ketika hendak menggunakan alat bantu dengar (abd) untuk yang pertama kalinya. Padahal, tes pendengaran sangatlah diperlukan karena tes ini bisa mengetahui seberapa berat gangguan pendengaran.

Pendengaran manusia adalah salah satu indera manusia yang mampu mendengar berbagai macam suara, melody dan harmoni di sekitar kita. tanpanya kita tidak akan bisa mendengarkan musik kesayangan anda, apalagi mendengarkan cerita di televisi. Telinga memang menjadi sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari tubuh kita.
Sayangnya, tidak semua manusia memiliki indera yang normal salah satunya pendengaran. Kehilangan kemampuan pendengaran ini didapat dari lahir, akibat kecelakaan atau lanjut usia. Kehilangan pendengaran ini akan sangat mempengaruhi cara kita berkomunikasi. Karena kita selalu mendengarkan bahasa percakapan. Komunikasi semakin terganggu dan dapat menyebabkan terjadinya kesalahpahaman karena kemampuan pendengaran menurun.
Saya sempat membaca sebuah testimonial dari Richard McRae di sebuah situs Jakarta Hearing Center :

"Sekitar 6 bulan yang lalu, sesaat sebelum saya berangkat untuk bekerja, saya menyapa salah satu tetangga apartemen saya yang kebetulan sedang berdiri di balkon apartemen.
Saya menyapanya dengan berkata “Hi, how are you?” dan saat itu saya mendengar ia berkata “I’m fine, thank you” dan tentu saja saya merespon dengan “Okay, have a nice day!” seraya menutup pembicaraan.
Semenjak itu, sesuatu terasa aneh antara saya dengan saudara saya, setiap kali kami berpapasan, beliau menoleh ke arah lain seakan-akan tidak ingin menyapa saya.
Setelah sebulan berlalu, saya memberanikan diri untuk menghilangkan rasa penasaran saya dengan menanyakan apakah saya telah berbuat sesuatu yang menyinggung perasaan beliau. Dengan mimik wajah kecewa, beliau mengingatkan saya saat dimana saya menyapanya di balkon sebulan yang lalu.
Beliau mengatakan bahwa disaat saya menanyakan kabarnya saat itu, beliau menjawab “Ibu saya baru saja meninggal” dan merasa bahwa respon saya disaat itu sangatlah tidak sopan. Mendengar itu, saya terkejut dan seraya meminta maaf kepada beliau, dan saat itu pula saya merasakan perlunya melakukan pengecekan pendengaran saya.
Setelah pengecekan, saya diinformasikan bahwa saya telah mengalami gangguan pendengaran yang menyebabkan seringnya saya menyalah artikan perkataan orang. Setelah pengecekan mendetail saya meyakinkan diri untuk menggunakan Hearing Aids untuk menghindari insiden serupa terjadi dalam kehidupan saya."

tes pendengaran dengan alat uji audiogram
Maka saya meyakinkan bahwa kita harus melakukan pemeriksaan pendengaran bila anda mengalami gangguan pendengaran guna menghindari kesalahpahaman yang terjadi. Saya sering terjadi salah paham dalam berkomunikasi serta salah eja dan salah menyebutkan nama seseorang.
Salah satu tes pendengaran yang sering digunakan yaitu menggunakan teknologi audiogram dimana kita mendengarkan suatu suara dengan tingkatan frekuensi yang berbeda-beda. Dengan audiogram kita bisa mengetahui tingkat gangguan pendengaran yang didapat sehingga memudahkan kita menentukan jenis abd yang sesuai dengan gangguan tersebut.
Dulu saya tidak menggunakan abd ketika bangku sekolah dengan alasan tidak nyaman memakainya. Timbul masalah yang saya hadapi yaitu pada saat ujian sekolah dengan menggunakan soal yang disampaikan dengan verbal dan tanpa teks sehingga saya kesulitan menangkap soal yang disampaikan. Akibatnya saya sering mendapat nilai yang tidak bagus karena salah memahami kalimat yang disampaikan tersebut.
Kini saya terus memakai abd yang sesuai dengan kenyamanan dalam menggunakan yaitu Axva Hearing Aid OM-188 buatan China. Meski abd ini harga yang murah namun juga suara yang didapat. Perlu diketahui, abd ini bisa saja tidak cocok dengan kondisi pendengaran yang anda miliki. Saya membeli abd ini setelah melakukan serangkaian tes pendengaran sejak dini dan jenis abd yang didapat.
Saran saya, apabila anda mengalami gangguan pendengaran, segeralah periksa ke rumah sakit bagian THT atau klinik khusus pendengaran terdekat di kota anda. Meski sepele namun sangat berguna untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan akibat gangguan pendengaran.
Jika ingin tahu seperti apa tes pendengaran itu, silahkan kontak saya. Dengan senang hati saya akan menjawabnya atau silahkan tunggu artikel berikutnya tentang jenis tes pendengaran.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment