10 July 2018

Bagaimana Cara Berkomunikasi Dengan Tuna Rungu / Tuli?

image : wikihow
Masih tentang berkomunikasi, masih banyak orang yang kesulitan untuk berkomunikasi dengan penyandang disabilitas Tunarungu/Tuli. Alasannya berbagai macam, mulai dari tidak mengetahui arti gerakan tubuh, kata - kata yang digunakan dianggap aneh atau orang dengan disabilitas tersebut yang tidak menangkap maksud kita.

Nah ! Saat berkomunikasi dengan Disabilitas Tunarungu/Tuli ada beberapa hal yang patut kamu ketahui.

Apa saja itu?

  1. Terkadang penulisan kata - kata dalam sebuah kalimat akan terbolak balik, kita yang tidak terbiasa mungkin akan bingung.
  2. Kosakata yang dimiliki tidak sebanyak kita yang dengar, lebih baik kamu menggunakan bahasa dasar/sehari - hari.
  3. Teman Tuli lebih cepat menangkap gambar, karena indra visual lebih tajam. Jika memberi penjelasan menggunakan gambar atau contoh melalui gerakan, membantu mempercepat pemahaman teman Tuli.

Lalu, bagaimana caranya berkomunikasi dengan Teman Tunarungu/Tuli?

1. Bahasa Isyarat

Bagi kawan Tuli, bahasa isyarat merupakan bahasa ibu, bahasa dasar yang mereka gunakan sehari - hari. Jika kamu ada kesempatan, belajar bahasa isyarat bisa menambah skill kamu lho ! Dengan menggunakan bahasa isyarat, lebih mudah menggambarkan hal yang kita mau sampaikan.
Bahasa isyarat yang bisa digunakan yakni bahasa isyarat Indonesia. Selain itu, ada banyak bahasa isyarat lainnya yang sifatnya internasional.

2. Bahasa Oral
image : wikihow
Beberapa teman Tuli juga ada yang bisa menggunakan Oral (berbicara menggunakan mulut dan membaca gerak bibir). Tapi yang perlu dilakukan adalah memperlambat kecepatan berbicara dan memperjelas bentuk mulut, agar teman Tuli paham apa yang kita katakan.
Bahasa oral ini banyak digunakan oleh Tuli untuk membaca apa yang dikatakan selain menggunakan alat bantu dengar.




3. Tulisan
image : wikihow
Jika menggunakan isyarat kurang paham, menggunakan oral pun kurang jelas, satu lagi cara yang bisa digunakan, yaitu menggunakan Tulisan. Tulisan bisa menggunakan kertas dan bolpoin, atau menggunakan fasilitas handphone untuk menuliskan kata - kata.
Cara ini terbilang agak ribet dan makan banyak waktu hanya untuk menuliskan kata-kata yang tepat. Biasanya paling banyak digunakan yakni buku tulis umumlah.
Ini sebuah alternatif terakhir bila ga paham bahasa isyarat dan sulit membaca gerakan bibir.

3 cara tersebut bisa kamu coba. Setelah tahu cara berkomunikasi, pastikan kamu berbicara langsung dengan teman Tuli ya! Tidak usah takut, mereka senang banget malah bisa berkomunikasi dengan kita. Mereka senang karena adanya kepedulian terhadap Tuli

Ada yang pernah pengalaman komunikasi dengan teman Tuli ? Bagi dong pengalamanmu di sini.

sumber : instagram

No comments:

Post a Comment