07 July 2018

Review : Rechargeable Hearing Aid Bion C-108


Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini memang semakin berkembang dan canggih sehingga memunculkan ragam teknologi yang memudahkan aktivitas manusia. Dari semula teknologi lawas yang harganya mahal kini semakin canggih dan semakin murah.
Salah satunya teknologi yang disematkan dalam alat bantu dengar (abd) adalah adanya sebuah fitur cas ulang alias rechargeable. Dengan adaptor dan kabel casan ini memang sudah menjadi sebuah fitur standar layaknya ponsel cerdas. Fitur ini jelas-jelas mengurangi biaya pembelian baterai kancing yang makin lama makin langka dan mahal.

Isi box abd bion c-108
Pemakaian abd ini memang hampir ga ada bedanya dengan abd model konvensional alias memakai baterai kancing. Hanya saja memiliki satu warna saja karena ini adalah abd ekonomis. Mengingat abd model ekonomis ini tidak memiliki warna lain.
Suara yang dihasilkan cukup jelas dan keras sesuai dengan tingkatan gangguan pendengaran. Untuk gangguan pendengaran kategori tingkat berat pun bisa digunakan.
Terdapat sebuah tombol yang memiliki tiga buah switch yakni :
O - Off / mati
N - Normal / pemakaian normal
H - High / untuk mengurangi noise/kebisingan ke level rendah

abd model konvensional memiliki kelemahan yaitu terdapat gangguan bising / noise akibat terpapar sinyal ponsel yang begitu kuat sehingga mengganggu komponen abd. Kali ini abd model ini tidak terjadi noise. Hal ini telah diperkuat dengan sebuah piranti pelindung tersembunyi di dalam abd sehingga memungkinkan untuk melakukan telepon secara langsung.
Jika ingin menelepon langsung, dekatkan lubang speaker ponsel ke arah lubang mic abd agar mendapat suara yang jelas. lubang mic abd terdapat pada sebelah lubang konektor charger, lubang yang kecil seukuran jarum.
abd pada saat cas ulang / charging
Baterai habis?
tidak perlu khawatir, sekarang kan zamannya teknologi canggih yang akan menggantikan teknologi lawas, utamanya sebuah baterai yang dapat dicas. Hal ini sungguh membantu kita berhemat karena tidak perlu lagi membeli stok banyak baterai kancing yang cenderung cepat habis pada saat diperlukan. Apalagi baterai tersebut kian lama kian mahal harganya.
Cara mengecas umumnya sama dengan cara mengecas ponsel. Pengecasan ditandai dengan sebuah lampu led hijau menyala. Baterai penuh ditandai dengan lampu hijau tidak menyala. Proses pengecasan berjalan dengan lampu led hijau menyala di sekitar socket charger.
Namun yang perlu diwaspadai bahwa jangan sekali-kali menggunakan charger lain karena terdapat spesifikasi adaptor abd berbeda dengan adaptor charger ponsel.
Adapter abd tersebut menggunakan spesifikasi yakni masukan (input) 100-300VAC 50/60Hz 0,15A dengan keluaran (output) 5v - 500mAh. Ini memang sedikit berbeda dengan adapter ponsel. Mau pakai adapter lain? Silahkan tanggung sendiri risikonya. Berani? 
Selain itu terdapat empat buah earbuds dengan berbagai ukuran, dimulai paling kecil hingga paling besar disesuaikan dengan lubang telinga pemakai. Entah anak-anak atau orang dewasa. Earbuds dapat dibongkar pasang agar pas dan nyaman ditelinga.
Gimana dengan harga?
Rentang harga lumayan jauh antara satu lapak dengan lapak lainnya di toko online. Yaitu dimulai dengan harga 300 ribu hingga 900 ribu per box.
Mengingat mereka tidak menjual sparepart alias suku cadang abd sehingga mau ga mau beli baru lagi kalau sudah rusak. Juga tidak adanya service center.

Spesifikasi Bion C-108
Max sound output 135 + 5dB
Max sound gain 40 + 5dB
Harmonic wave distortion <5%
Frequency range 300 ~ 4.000 Hz
Input noise < 30 dB 
Working voltage DC 3.7 V 
Working current < 4 mAh
Charger DC 5 V / 50 mAh-500 mAh
Battery Lithium Ion
Size 46 x 9.35 x 46 mm
Working current < 4 mAh

Well, review diatas didasarkan pengalaman dalam memakai abd model ini untuk lebih memahami penggunaannya serta berbagi pengalaman tersebut.
Ada yang pernah pakai abd model ini? Bagi dong pengalamanmu di sini. Moga bisa berguna bagi yang lainnya.

No comments:

Post a Comment