15 February 2017

Ketahuilah Bagaimana Gangguan Pendengaran Terjadi


Talking Knowledge - jamietalksanime.wordpress.com
Bisa mendengar normal dan jelas adalah sebuah dambaan bagi seluruh manusia yang telah dilahirkan ke dunia. Bagi penderita gangguan pendengaran, bisa mendengar normal adalah sebuah impian yang luar biasa dan membutuhkan perjuangan yang sangat panjang. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui bagaimana gangguan pendengaran itu bisa terjadi baik secara lahir maupun usia tua. Rendahnya pemahaman akan gangguan pendengaran ini mengakibatkan banyaknya kesulitan-kesulitan yang dialami penderita tersebut.

Seperti yang dilansir dari SigniaHearing.com, gangguan pendengaran ini biasanya berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun. Efeknya hanya terlihat secara bertahap tanpa disadari sesuai dengan perkembangan usia seseorang. Hal ini makin sulit bagi mereka yang terkena dampak untuk mengakui bahwa mereka benar-benar menderita gangguan pendengaran. Entah saudara, teman atau kolega seringkali yang pertama untuk menyadari bahwa ada sesuatu yang salah pada dirinya.

Namun, sebetulnya sudah ada tanda-tanda yang jelas bahwa pendengaran Anda tidak mengalami gangguan tersebut. Inilah tanda-tanda seringkali diabaikan ketika muncul terjadi gangguan pendengaran yakni:
  • Apakah Anda merasa sulit untuk memahami percakapan telepon dengan jelas? 
  • Apakah keluarga Anda mengeluh tentang volume saat Anda mendengarkan radio atau televisi?
  • Apakah Anda merasa sulit untuk mengikuti percakapan di restoran atau ketika ada banyak kebisingan di jalan di sekitar Anda?
  • Apakah Anda sering merasa kelelahan setelah perayaan keluarga karena upaya untuk mendengarkan dengan jelas? 
  • Apakah Anda mendengar lebih baik ketika Anda dapat melihat orang yang berbicara kepada Anda?
Kesemuanya adalah tanda-tanda khas dari gangguan pendengaran. Tapi seharusny jangan khawatir terhadap gangguan pendengaran yang bukanlah sesuatu untuk dijalani. Banyak orang cenderung merasa sulit untuk menerima ide memakai alat bantu dengar. Mereka seringkali menunda keputusan dan hanya melakukan sesuatu pada pendengaran tersebut.

Namun, sebelumnya Anda melakukan sesuatu pada gangguan pendengaran ketika pendengaran mulai memburuk, alat bantu dengar sangat membantu untuk mempertahankan saraf pendengaran di otak yang bertanggung jawab untuk mendengar semua suara di sekitar. Semakin lama menunda memakai alat bantu dengar, semakin sulit untuk membiasakan diri saat memakainya, dan lebih penting, akan kehilangan momen berharga dalam hidup.

Berikut ini dampak dari gangguan pendengaran:

- Penurunan perhatian
- Pemahaman pidato berkurang
- Kesulitan berkomunikasi dengan orang lain
- Daya ingat berkurang
- Kurang bersedia untuk memahami sesuatu
- Penurunan kinerja pekerjaan
- Kurangnya pengakuan oleh orang lain
- Lekas ​​marah, stres, depresi
- Penarikan diri dari kehidupan sosial, isolasi, dan cenderung penyendiri

Gangguan pendengaran dapat terjadi di semua bagian telinga; disfungsi telinga luar atau tengah umumnya dapat diobati dengan obat atau operasi. Namun, 80% dari semua gangguan pendengaran disebabkan oleh disfungsi atau kerusakan pada telinga bagian dalam. Hari ini, alat bantu dengar modern dapat mengkompensasi kerusakan telinga paling dalam.

Namun, paling tidak ada dua kasus gangguan pendengaran yang sama. Paling sering orang dengan gangguan pendengaran tidak dapat membedakan nada lembut dan suara bernada tinggi dan memiliki kesulitan terdengar pendengaran seperti bisikan, suara anak-anak atau kicau burung.

Berikut ini sebuah video untuk memahami bagaimana gangguan pendengaran terjadi
Beginilah pengetahuan kita mengenai gangguan pendengaran yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita.

So, pesan saya, jangan sampai ada lagi orang yang menderita gangguan pendengaran akibat kurangnya pemahaman kondisi telinga kita. Toh, selama ini tidak ada satu pun yang mau alami hal ini kan?

Bila terjadi penurunan pendengaran atau gangguan pendengaran akibat faktor usia, degradasi, kita hanya bisa pasrah dan kita seharusnya tetap memakai alat bantu dengar agar bisa terus berkomunikasi. Lha, klo ga mau pakai karena alasan minder atau malu? Terus apa mau terus-terusan dengan kondisi tersebut.

Percayalah, banyak sahabat kita yang alami gangguan pendengaran akan lebih sulit lagi untuk berkomunikasi, bekerja atau kegiatan lain yang berhubungan dengan komunikasi sosial.

Ada lagi yang mau disampaikan? Silahkan kirim di komentar yah...

No comments:

Post a Comment