08 February 2017

Telinga dan Cara Kerja

livescience.com
Telinga merupakan sebuah organ pendengaran yang memiliki peran sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja kita telah mendengarkan berbagai macam suara yang ada di lingkungan sekitar kita dan juga sering mendengarkan ragam musik yang diputar di berbagai media.
Bersyukurlah bahwa anda memiliki telinga yang berfungsi dengan baik dan normal sehinga anda mampu mendengarkan lebih jelas terhadap suara disekitarnya.
Sayangilah telinga anda agar bisa terus menerus mendengarkan melodi suara dengan baik. Mari kita bahas salah satu anatomi manusia yaitu organ pendengaran atau telinga.
Seperti yang dilansir dari salah satu situs penyedia alat bantu dengar terkemua, Signia dari Siemens. telinga adalah salah satu organ pendengaran yang paling menakjubkan dan sangat terampil yang melakukan tugas yang indah dan sangat kompleks dalam fungsi pendengaran. Hal ini dapat membedakan antara 7.000 nada yang berbeda dan memungkinkan otak untuk mencari sumber suara.

Telinga manusia terdiri dari tiga bagian yakni bagian luar, tengah, dan telinga bagian dalam.

telinga luar: Telinga luar menangkap suara dari luar dan mengirimkan ke gendang telinga melalui saluran telinga.

telinga tengah: Gelombang suara menyebabkan gendang telinga bergetar. Ossicles, yang disebut malleus, inkus, dan stapes, meneruskan getaran ke telinga bagian dalam.

telinga bagian dalam: koklea mengkonversi getaran dari ossicles menjadi sinyal listrik. Saraf pendengaran mentransmisikan sinyal ke otak.

Otak menerjemahkan getaran tersebut menjadi sebuah informasi suara yang dikenalnya.

Di bawah ini sebuah video yang memaparkan cara kerja telinga saat mendengarkan sebuah suara.


well, setelah mengetahui bagaimana cara kerja sebuah telinga, maka ada baiknya kita berusaha untuk menghindari kerusakan yang disebabkan terpapar suara bising melebih ambang batas normal setidaknya tidak melebih 60 desibel (dB).
chantiniven.com
Janganlah teriak-teriak deh di depan telinga bikin sakit telinga...

Sumber : signia-hearing.com

No comments:

Post a Comment