15 February 2017

Segera Hentikan Kebiasaan Ini Pada Telinga Anda Kalau Tidak Mau Tuli

Tanpa disadari bahwa kebiasaan kita yang selama ini dianggap lumrah untuk dijalankan, ternyata memiliki bahaya yang akan terjadi bila salah satu organ terpenting yaitu organ pendengaran atau telinga.
Jika terjadi sebuah ketidaksengajaan akibat kebiasaan ini yang berujung pada ketulian atau gangguan pendengaran. Bayangkan sebuah kondisi di mana Anda tidak bisa mendengar apa-apa. Menakutkan, bukan? Oleh karena itu, sekarang Anda harus menyadari bahwa sangat penting untuk merawat telinga Anda dan melindunginya dari segala macam hal yang dapat menyebabkan segala jenis kerusakan kepada telinga.
Seperti yang dilansir dari boldksy.com berikut ini 5 kebiasaan yang harus dihentikan segera sebelum terlambat
Membersihkan telinga dengan earwax candle
getholistichealth.com
Penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang menikmati praktek tersebut pada akhirnya berakhir menyebabkan kerusakan pada gendang telinga mereka.
Kotoran telinga diproduksi oleh kelenjar di liang telinga luar untuk menjebak partikel kecil, menjaga telinga dari kotoran yang mencapai dan merugikan gendang telinga. Penyumbatan kotoran telinga terjadi ketika lilin akan mendorong jauh di dalam liang telinga.
Alternatifnya, teteskan baby oil ke dalam telinga kemudian miringkan kepala untuk mengeluarkan minyak beserta kotorannya.
Memang, earwax candle tidak dianjurkan sebagai alat membersihkan telinga. Gunakan cara yang aman.

Membersihan telinga terlalu dalam
Pinterest.com
Penelitan mengatakan bahwa saat membersihkan kita cenderung terlalu dalam hingga mengenai gendang telinga hanya untuk mengambil kotoran padahal itu sangat berbahaya yang berpotensi merusak gendang telinga total.
Tidak hanya itu, seringkali mendorong kotoran ke dalam telinga sehingga makin dalam liang telinga hanya untuk mencapai kotoran tersebut.
Berhati-hati saat membersihkan telinga dan gunakan cotton bud yang lembut. Kalaupun menggunakan pembersih telinga dari logam, disarankan pelannpelan mengambil kotoran agar tidak mendorong kotoran ke dalam telinga

Menggunakan earphone terus menerus
Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan. Tanpa disadari memakai earphone berjam-jam dengan suara keras bisa menimbulkan tinnitus dan gangguan pendengaran. Bahkan tuli.
Ini karena bulu halus dalam telinga terus bergetar hingga stress dan mengalami penurunan fungsi pendengaran. Mengalami dengung pada telinga biasanya menandakan telinga mengalami stress
Oleh karena itu, sangat disarankan untuk, memberi waktu istirahat bagi telinga setiap satu jam mendengarkan musik guna meredakan stress.
Lagian rasanya sangat ga nyaman jika telinga berdengung dalam waktu lama, bisanya 15 menitan.

Berhenti memasukan jari ke dalam telinga
Kalau telinga terasa gatal, penginnya memasukan telinga untuk garuk-garuk. Tanpa disadari tangannya belum bersih untuk menggaruknya. Hal ini menyebabkan bakteri dari kuku dan jari menularkan kuman dan bakteri ke dalam telinga Anda dan akhirnya dapat menyebabkan infeksi. Tidak hanya itu, kotoran telinga ikut terdorong oleh jarinya ke dalam liang telinga yang bikin sukar untuk dibersihkan dan dikeluarkan.
Oleh karena itu, kurangilah kebiasaan menggaruk-garuk telinga dengan jari untuk hindari infeksi telinga. Bila terasa gatal, gunakan cotton buds untuk membersihkannya.

Mengabaikan rasa sakit pada telinga
Mengabaikan sakit telinga juga salah. Biasanya selalu mengabaikan rasa sakit yang timbul dari telinga, meski timbulnya sakit cuma beberapa saat padahal itu menandakan sesuatu yang tidak beres pada telinga.
Alangkahnya baiknya untuk menyempatkan diri untuk diperiksa jika timbul rasa tidak nyaman atau sakit pada telinga. Rasa sakit pada telinga bisa saja berhubungan pada tenggorokan karena saraf telinga dan tenggorokan saling terhubung. Telinga merasakan sesuatu ketika menelan makanan atsu minuman. Bahkan bila sakit gigi ternyata merambah ke telinga yang juga timbul sakit.
Sangat tidak nyaman bangetkan...


Sumber : boldsky.com

No comments:

Post a Comment