16 February 2017

Tuna Rungu dan Introvert

pinterest.com
Tuna rungu dan para introver yang ada di dunia ini seolah-olah memiliki dua dunia yang berbeda untuk disimak...
tidak semua orang tahu bahwa tuna rungu dan sifat introver itu menjadi satu kesatuan yang utuh dan terbentuk sejak kecil ketika jarang berkomunikasi dengan teman sebaya sehingga lebih sering menyendiri. Saya juga salah satunya lah yang memiliki dua hal dalam diri saya toh. Bagaimana dengan yang lainnya?

Well, membahas dua hal dalam artikel ini bisa membuka mata dan hati untuk menerima segala sesuatu dengan ikhlas bahwa manusia seperti kita itu tidak sempurna, tidak ada yang paling sempurna. Kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing toh kita saling melengkapi apa yang kurang dalam hidup kita.
Mengapa membahas ini karena tidak semua orang mau menyadari bahwa kita yang sebagai penyandang tuna rungu tentu mengalami berbagai macam hambatan komunikasi sehingga kita merasa sulit untuk bergaul dengan orang lain. Kondisi yang terus menerus membentuk sebuah sifat yang bakal tertanam di dalam diri kita yaitu sifat penyendiri atau introver.
knowyourmeme.com
Sifat introver memang memiliki kelebihan yang seharusnya kita bangga, bukan untuk disingkirkan pula. Berikut kelebihan yang dimiliki yaitu :

  1. Pendengar yang sangat baik
    Ini hal yang sering terjadi ketika teman curhat dengan berbagai problem hidup karena dipercaya sebagai teman pendengar yang baik, yang selalu memahami kita. Biarpun kita penderita gangguan pendengaran masih bisa memahami perkataan.
  2. Teman yang berkualitas
    Inilah mengapa kita punya teman sedikit tetapi sangat langgeng hubungannya ketimbang punya ratusan teman di media sosial yang jarang berhubungan. Bahkan saling memahami satu sama lainnya.
  3. Punya pikiran dan imajinasi yang luas
    Selalu penyendiri yang cenderung berkhayal dan berimajinasi liar yang justru menghasilkan ide imajinatif yang ga dipikirkan orang lain
  4. Jago menulis
    Emang bener, sebagian besar mampu menulis berbagai macam tulisan akibat hasil pikiran dan imajinasi luas. Saya salah satunya yang pernah menulis cerpen namun tak dipublikasinya dan sekarang saya aktif menulis artikel di blog ini.
  5. Lebih mandiri
    Ini biasanya mampu lebih mandiri dalam berbagai tugas entah ngurus diri sendiri, pekerjaan kantoran atau kegiatan lainnya.
  6. Penyabar
    Ketahuilah bahwa penderita gangguan pendengaran cenderung emosional menghadapi berbagai macam pelecehan yang terjadi sejak kecil hingga dewasa. Dengan situasi tersebut akan terbentuk sifat sabar yang akan menjadi orang penyabar terhadap situasi apa pun. Rasanya jadi kebal terhadap cemoohan atau perkataan negatif.
  7. Punya aura yang damai
    Jarang yang tahu kalau punya aura yang damai dalam diri. Tiap kali menyapa seseorang, orang itu merasakan aura yang damai sehingga membalas sapaan yang hangat pula. Seolah-olah tidak ada beban berat.
  8. Sifat tekun dan tanggung jawab
    Orang normal punya sifat tekun dan tanggung jawab juga. Yang berbeda adalah seberapa besar tanggung jawab yang diemban dalam tugasnya,
So, menurut saya, baik tuna rungu atau gangguan pendengaran ada kaitan dengan sifat introver. Tetaplah bangga jadi diri sendiri daripada jadi orang lain. Syukurilah apa yang Tuhan berikan padamu niscaya mereka akan menghormati kita.

Banggalah pada dirimu sendiri dan syukurilah pemberian Tuhan.

No comments:

Post a Comment