03 November 2017

Ketahui 3 Hal Penting Ketika Melamar Kerja Online

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat sehingga apa pun makin dimudahkan oleh teknologi dalam menyelesaikan tugas perusahaan terutama dalam hal rekrutmen dapat dilakukan secara online. Dengan rekrutmen online perusahaan dapat mengumpulkan kandidat terbaik dalam waktu singkat tanpa harus menumpukan dokumen dan dapat melakukan penilaian dengan cepat dan akurat.
Melamar ke perusahaan merupakan hal yang krusial karena dapat menentukan sukses tidaknya suatu proses penilaian yang dilakukan. Oleh karena itu perlu memperhatikan hal-hal penting pada saat melamar kerja agar sukses melalui penilaian ketat. Seperti yang dilansir dari Kerjabilitas.com berikut beberapa hal penting agar lamaran kerja sukses:
  1. Perbarui surat lamaran
    Selalu perbarui surat lamaran, sebelum file tersebut diupload ke website rekrutmen perusahaan. Menghindari dari salah nama, alamat tujuan perusahaan dan juga penulisan tanggal. Setelah diubah nama, alamat tujuan perusahaan dan tanggal, tidak ada salahnya jika sebelum diupload kembali surat lamaran tersebut dibaca dengan teliti. Itu semua dilakukan untuk menghindari salah ketik atau kurangnya huruf pada kalimat-kalimatnya. Penggunakan kata yang sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia juga memberikan dampak positif, karena dari surat lamaran yang ditulis dapat mencerminkan pelamar memiliki kemampuan dalam menulis yang baik dan benar.
  2. Perbarui curriculum vitae (CV)
    Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya sehingga yang perlu diperhatikan adalah memperbarui data diri sehingga selalu up-to date, sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui data diri terbaru pelamar. Data diri diubah hanya jika ada yang memang harus diubah, seperti nomer telepon yang mungkin sudah diganti. Karena jika pelamar sudah sampai tahap wawancara dan data diri pelamar tidak sesuai, itu akan menjadikan penilaian yang kurang baik, bisa jadi proses wawancara dihentikan karena data diri tidak terupdate.
    Baca : Tips agar CV kamu sukses di mata perusahaan
  3. Pastikan data diri terisi lengkap
    Dalam melamar pekerjaan secara online, pelamar akan dibawa ke sebuah situs rekrutmen perusahaan. Dalam situs tersebut terdapat beberapa kolom yang harus diisi. Pastikan kelengkapan isi kolom-kolom data diri tidak ada yang kosong. Karena biasanya, perusahaan akan melihat seberapa lengkap data diri pelamar terisi lengkap. Terlihat kosong dalam 1 kolom saja, akan mengurangi nilai. Bahkan bisa saja formulir pendaftran online kita tidak dilihat karena ada kolom data diri yang kosong. Pastikan kembali dengan membaca semua kolom yang sudah terisi dan benar, sesuai dengan data diri sebelum menekan tombol kirim.
Persaingan dalam dunia kerja sangat ketat, salah dalam satu kali klik dalam rekrutmen online dan memcoba mengulangi lagi akan membuat kredibilitas pelamar kurang baik. Dan akan dilihat oleh perusahaan bahwa pelamar memiliki pribadi yang kurang teliti. Pastikan untuk selalu mengaktifkan nomor telepon kalian yang bisa dihubungi setelah melamar pekerjaan online jika sewaktu-waktu dihubungi oleh perusahaan yang dilamar.
Jangan lupa perbanyak doa agar sukses melamar di perusahaan idamanmu.

Sumber : Kerjabilitas.com

No comments:

Post a Comment