02 November 2017

Tips Agar CV Kamu Juara Dimata Perusahaan

Menulis sebuah resume, riwayat hidup atau curriculum vitae ternyata gampang-gampang susah. Tidak segampang menulis novel, artikel atau tulisan lainnya. Mengingat menulis sebuah cv akan memberikan sebuah kesan yang ada pada diri seseorang terhadap penilaian perusahaan kepada calon pelamar.
Sebelum memulai menulis sebuah cv, marilah kita pahami dulu tujuan penulisan CV atau curriculum vitae adalah pintu masuk paling pertama yang akan membuat perusahaan mengetahui tentang dirimu. CV merupakan langkah awal yang akan menentukan apakah perusahaan tertarik untuk mengundangmu ke tahap selanjutnya atau tidak. CV yang tidak menarik akan membuat HRD perusahaan langsung memutuskan untuk bilang tidak bahkan sebelum mereka selesai membacanya. Sebaliknya, CV yang menarik dan relevan, akan membuat mereka langsung jatuh hati padamu dan tidak sabar untuk mengajakmu bergabung di perusahaan mereka.
seperti yang dilansir dari Kerjabilitas.com berikut tips agar CV kamu menjadi juara dan dapat membuat perusahaan menginginkanmu sesegera mungkin

  1. Ketahuilah perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar. Bila perlu lakukan riset kecil-kecilan tentang perusahaan tersebut beserta posisi yang kamu inginkan. Hal ini penting supaya kamu bisa membuat CV yang relevan dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Akan sangat baik jika kamu sudah mengetahui tentang visi, misi, nilai, dan etos kerja perusahaan tersebut.
  2. Tuliskan data pribadimu secara singkat saja. Cukup cantumkan nama lengkapmu, foto terbaru, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email/website. Jangan lupa juga untuk memasukkan pendidikan formal terakhirmu dan pendidikan non-formal yang relevan. Data pribadi yang terlalu panjang, selain tidak relevan, juga akan menghabiskan ruang dan membosankan.
  3. Fokuslah pada keahlian dan kemampuanmu. Keterampilan apa yang kamu miliki? Apa kekuatanmu? Akan lebih baik lagi jika kamu mengkategorikan keterampilan-keterampilan kamu (misalnya: bahasa, IT, pemasaran, dst.). Jangan lupa untuk memperpendek daftar tersebut menjadi hanya yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Ingat, CV adalah media kamu untuk mempromosikan dirimu, jadi jangan ragu-ragu untuk menonjolkan kelebihanmu dan bagaimana hal tersebut bisa berkontribusi pada perusahaan.
  4. Cantumkan pengalaman kerja, pengalaman organisasi, serta pengalaman pelatihan yang relevan saja. Fokuslah pada hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Hal ini akan membuat CV-mu lebih mungkin menarik perhatian, dibandingkan dengan daftar panjang yang tidak perlu.
  5. Tunjukkan minat dan ketertarikan personalmu, termasuk nilai-nilai yang kamu yakini. Cantumkan juga kegiatan-kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Karena sekarang ini semakin banyak perusahaan yang mempekerjakan orang dengan melihat kepribadiannya dan bukan hanya dari pengalamannya. Gunakan kesempatan ini untuk misalnya menunjukkan blog pribadimu yang keren, kegiatan kerelawanan yang pernah kamu ikuti, buku yang pernah kamu tulis, atau event yang pernah kamu organisir. Ada kemungkinan juga perusahaan akan menyempatkan diri untuk mengintip akun media sosialmu. Jadi gunakanlah akun media sosialmu dengan lebih bijaksana dan kurangi curhat-curhat pribadi yang tidak perlu.
  6. Tambahkan cita rasa khas personalmu. Sekarang ini CV tidak lagi hanya hitam putih dan terbatas 2 halaman seperti zaman dulu. Silakan berkreasi dengan desain dan pilihan font yang menarik. Kamu juga bisa menambahkan halaman sampul dan memamerkan pengalamanmu melalui gambar dan teks yang menarik, atau kamu bisa juga menambahkan kolom “tentang saya” sebagai perkenalan.

Inilah tips yang bisa digunakan untuk memoles cv agar menarik di mata perusahaan. Jangan takut untuk melakukan kreasi dalam cv yang sesuai dengan kepribadianmu,

Salam sukses.

No comments:

Post a Comment