20 March 2018

Tips Penting Saat Melamar Kerja Secara Online

tips melamar kerja secara online
Membuat lamaran pekerjaan secara online memang terlihat lebih mudah ketimbang secara manual. Namun dibalik kemudahan tersebut ada hal yang masih luput dari pengamatan para pelamar.
Tampilan yang biasa dan kurang menarik tentu akan sulit untuk dilirik oleh perusahaan yang bersangkutan, terlebih bagi penyandang disabilitas.
Bagi disabilitas, membuat lamaran memang tidak sama dengan lamaran yang dibuat orang normal sekalipun, terdapat perbedaan dalam hal yang menyangkut diri seorang pelamar.


Berikut tips melamar kerja secara online seperti yang dilansir dari kerjabilitas.com

1. Surat lamaran yang terbaru
Selalu perbarui surat lamaran sebelum file tersebut diupload ke website rekrutmen perusahaan. Hindari kesalahan dalam mengisi data nama, alamat, nama perusahaan, bahkan tanggal. Tidak ada salahnya jika sebelum diupload kembali surat lamaran tersebut dibaca dengan teliti. Itu semua dilakukan untuk menghindari salah ketik atau kurangnya huruf pada kalimat-kalimatnya. Penggunakan kata yang sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia juga memberikan dampak positif, karena dari surat lamaran yang ditulis dapat mencerminkan pelamar memiliki kemampuan dalam menulis yang baik dan benar.

2. Selalui perbarui curriculum vitae (CV)
Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah memperbarui data diri sehingga selalu up-to date, sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui data diri terbaru pelamar. Data diri diubah hanya jika ada yang memang harus diubah, seperti nomer handphone yang mungkin sudah diganti. Karena jika pelamar sudah sampai tahap wawancara dan data diri pelamar tidak sesuai, itu akan menjadikan penilaian yang kurang baik, bisa jadi proses wawancara dihentikan karena data diri tidak ter-update.

3. Pastikan data diri terisi lengkap dan jelas
Dalam melamar pekerjaan secara online, pelamar akan dibawa ke sebuah situs recruitmen perusahaan. Dalam situs tersebut terdapat beberapa kolom yang harus diisi. Pastikan kelengkapan isi kolom-kolom data diri tidak ada yang kosong. Karena biasanya, perusahaan akan melihat seberapa lengkap data diri pelamar terisi lengkap. Terlihat kosong dalam 1 kolom saja, akan mengurangi nilai. Bahkan bisa saja formulir pendaftran online kita tidak dilihat karena ada kolom data diri yang kosong. Pastikan kembali dengan membaca semua kolom yang sudah terisi dan benar, sesuai dengan data diri sebelum menekan tombol kirim.

Inilah tips yang berguna saat membuat lamaran kerja agar sesuai dengan bidang diminati dan makin dilirik oleh perusahaan. Semoga sukses

Sumber : kerjabilitas.com

No comments:

Post a Comment