09 May 2019

Fakta Menarik Kartun Islam Nussa Yang Juga Disabilitas.

Ada yang tahu kartun karya tanah air yang mengangkat tema islami dan anak-anak yang mulai ditayangkan sejak bulan November 2018 lalu dengan meraih 3 juta subscriber?

Yup, namanya Nussa, kartun animasi 3D yang bernuansa islami dan mengandung pesan yang sarat makna sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan.

Kartun yang terdiri dua karakter utama yang anak-anak bernama Nussa dan Rara dalam melakukan aktivitas islami dalam penyampaiannya sederhana, singkat dan jelas.



Berikut fakta menarik dari kartun tersebut:
  1. Muncul karena kegelisahan orang tua terhadap anak-anak.
    Kartun Nussa dan Rara ini adalah animasi seri baru yang disuguhkan untuk anak-anak. Munculnya kartun Nussa dan Rara ini didasari karena kegelisahan orangtua yang melihat banyak tayangan televisi yang sudah sedikit menyuguhkan tayangan yang mendidik untuk anak-anak.
    Dilansir brilio.net dari akun Instagram @felixsiauw, ustaz Felix sempat bercerita di salah satu unggahannya. Dia menjelaskan muncul kekhawatiran keluarga muda, khususnya dalam mendidik anak-anak usia 0-8 tahun saat ini. Orangtua mau tidak mau haru berhadap dengan gencarnya media sosial.
  2. Langsung populer hanya dalam 2 bulan.
    Kartun Nussa dan Rara muncul pada November 2018 ini berhasil mencuri perhatian dunia maya hanya dalam waktu 2 bulan saja, tepatnya Desember di penghujung 2018. Dilansir brilio.net dari liputan6, Nussa Rara berhasil memunculkan respons positif dari berbagai kalangan. Banyak dari penonton yang tidak sabar menanti episode selanjutnya dari Nussa dan Rara keluar.
  3. Dipopulerkan oleh Ustadz kondang tanah air.
    Sebagai salah satu kartun Islam Tanah Air, Nussa dan Rara juga menyita perhatian beberapa ustaz kondang Tanah Air. Diantaranya adalah ustaz Felix Siauw dan ustaz Abdul Somad. Kedua ustaz kondang ini ikut beperan dalam mensukseskan kartun Nussa dan Rara, salah satunya melalui akun Instagram pribadi mereka.
  4. Proyek animasi hanya 4 bulan.
    Dikutip dari akun Instagram uztaz Felix Siauw, penggarapan kartun Nussa dan Rara ini bisa dibilang sangat singkat. Menurut para animator, biasanya membutuhkan waktu minimal 1 sampai 2 tahun. Kartun Nussa dan Rara mendapatkan jalan kemudahan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
  5. Episode pertama diputar saat peringatan Maulid Nabi Muhammad.
    Nussa dan Rara adalah kartun Islam yang kemunculan perdananya bertepatan pada hari Maulid Nabi Muhammad, yaitu pada 20 November 2018 pukul 13.00 WIB. Hal ini merupakan salah satu waktu yang diyakini paling tepat mengenai kemunculan kartun Nussa dan Rara ini.
  6. Animasi 3D Tanah Air ditonton lebih dari 22 juta dalam 3 bulan.
    Kemunculan episode pertama kartun Nussa dan Rara berjudul NUSSA : TIDUR SENDIRI, GAK TAKUT! ini sudah ditonton lebih dari 22 juta kali dan 398 ribu penyuka. Hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan, kartun ini termasuk kartun yang bisa dibilang sukses.
    Liputan6 menulis bahwa kartun Nussa dan Rara ini termasuk kategori animasi 3D. Pada proses pengerjaannya, pada tahap awal animasi ini dibuat secara manual. Sketsa model akan dilakukan dengan proses scan. Kemudian penggarapan dilakukan oleh komputer.
  7. Diisi suara oleh Muzzaki Ramdhan dan Aysha Ocean Fajar.
    Kemunculan kartun ini membuat masyarakat penasaran dengan tokoh di balik kartun ini. Dibalik kelucuan Nussa dan Rara ada dua bocah lucu dibaliknya. Pengisi suara Nussa dilakukan oleh bocah bernama Muzzaki Ramdhan. Karakter Rara diperankan oleh Aysha Ocean Fajar.
  8. Karakter utama Nussa ternyata disabilitas pada kaki kiri.
    Disabilitas ini terlihat dari kaki kiri yang menggunakan kaki palsunya untuk melakukan aktivitas sehari-harinya.
    Penggambaran sosok Nussa sebagai anak yang disabilitas bukan tanpa alasan. Aditya Triantoro sebagai penggagasnya memang ingin menampilkan tokoh Nussa sebagai "A Symbol of Hope" (simbol sebuah harapan), yang diharapkan dapat mengubah persepsi negatif masyarakat mengenai penyandang disabilitas yang dianggap tidak dapat melakukan apa-apa.
    "Fisik hanyalah sebatas fisik. Semangat, itulah yang terpenting", tutur Triantoro yang ia buktikan dengan membangun karakteristik yang ceria, pembelajar, dan penuh tanggung jawab dari tokoh Nussa.
Berikut video trailer-nya




No comments:

Post a Comment