22 May 2019

Starbuck D.C Memiliki Karyawan Yang Mengerti Bahasa Isyarat

Ilustrasi : karyawan starbucks coffee di D. C.
Siapa yang tidak suka dengan kopi yang dijajakan oleh gerai internasional Starbucks Coffee? Gerai kopi yang terkenal dengan kopi mahal dan berkualitas karena memiliki cita rasa kopi yang berbeda dengan kualitas kopi lokal.

Tidak hanya itu saja, dari segi pelayanan ini terlihat adanya peningkatan pelayanan yang berupa pengetahuan bahasa isyarat bagi penyandang tuna rungu alias tuli. Hal dimaksudkan agar para disabilitas bisa merasakan nikmatnya kopi tanpa terkendala oleh komunikasi yang terbatas.

Kedai kopi yang berlokasi di H Street NE akan merekrut dan  meningkatkan aksesibilitas bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran atau tuli. Gerai Starbucks memiliki lebih dari 8.000 toko di seluruh negeri. Salah satunya akan segera dijalankan sepenuhnya dalam Bahasa Isyarat Amerika.

Bahasa isyarat Starbucks yang pertama di Amerika Serikat (AS) akan mempekerjakan 20 hingga 25 orang tuna rungu, gangguan pendengaran dan mendengar normal dengan syarat mereka harus mahir dalam Bahasa Isyarat Amerika (ASL). Sekitar 200 karyawan saat ini diidentifikasi sebagai tuna rungu atau tuli.

"Ini adalah momen bersejarah dalam perjalanan Starbucks yang berkelanjutan untuk terhubung dengan komunitas tuna rungu dan gangguan pendengaran, merekrut dan melibatkan mitra tersebut dan terus mencari cara untuk menjadi lebih inklusif, mudah diakses, dan ramah bagi semua," kata Rossann Williams, wakil presiden eksekutif Starbucks untuk ritel AS.

Gerai itu akan dibuka didekat Gallaudet University, sebuah institusi berusia 150 tahun dan satu-satunya universitas di dunia yang dirancang untuk siswa tuna rungu dan gangguan pendengaran. Kampus yang terdiri dari 1.900 mahasiswa terletak di timur laut Washington, berjalan kaki singkat dari blok restoran dan bar di sepanjang koridor H Street yang ramai.

Gerai ini akan menampilkan karya seni dan mug yang dirancang oleh seniman tuna rungu. Karyawan tuna rungu akan mengenakan celemek yang menunjukkan "Starbucks" yang dieja dalam bahasa isyarat. Mendengar karyawan yang mahir dalam bahasa isyarat akan menggunakan pin yang menunjukkan bahwa mereka dapat diisyaratkan.

Tampilan visual akan memandu pelanggan melalui pesanan mereka, dan tampilan yang sama akan menunjukkan kepada mereka bahwa pesanan mereka sudah siap, di tempat barista memanggil nama atau pesanan.

Howard Rosenblum, kepala eksekutif National Association of the Deaf, mengatakan Bahasa Isyarat Amerika adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di negara ini dan tidak terbatas pada orang-orang tuna rungu. Dia mengatakan gerai itu adalah salah satu cara bagi bisnis seperti Starbucks untuk menyatukan orang-orang sehingga mereka dapat belajar bagaimana berkomunikasi satu sama lain, apakah mereka tuli atau mendengar.

"Gerai bahasa isyarat pertama Starbucks dapat menunjukkan kepada perusahaan lain bahwa termasuk orang tuna rungu baik untuk bisnis dan dapat meningkatkan pangsa pasarnya," kata Rosenblum. "Mempekerjakan orang-orang tuna rungu atau disabilitas tidak boleh dipandang sebagai amal tetapi sebagai cara untuk meningkatkan jangkauan korporasi di berbagai segmen pasar."

Pada tahun 2014, Media Washington City Paper menyoroti bagaimana lingkungan di sekitar Gallaudet menjadi lebih inklusif bagi pelanggan yang tuli dan gangguan pendengarannya. Restoran dan bar mempekerjakan lebih banyak pekerja yang mahir dalam bahasa isyarat, dengan satu bahkan menyelenggarakan acara trivia bahasa isyarat.

Gerai ini mencerminkan gerai isyarat pertama Starbucks, yang dibuka di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2016. Gerai ini merekrut, melatih, dan melatih karyawan tuna rungu, mengajar bahasa isyarat untuk mendengarkan karyawan, dan dibuka dengan sembilan mitra tunarungu.

Di gerai Malaysia, pelanggan memesan menggunakan kartu menu yang mereka tandai dan serahkan ke barista. Mitra tuli menulis tulisan tangan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Pelanggan melihat bahwa minuman mereka siap ketika layar menampilkan nomor yang cocok dengan yang ada pada kwitansi mereka.

Memasukkan pelanggan dan mitra tunarungu adalah tujuan lain yang telah diumumkan Starbucks dalam beberapa bulan terakhir. Setelah dua pemuda berkulit hitam ditangkap di sebuah toko di Philadelphia pada pertengahan April 2018, Starbucks mengatakan akan menutup 8.000 toko di seluruh negeri untuk satu sore pelatihan bias rasial pada akhir Mei 2018. Starbucks juga membuat pedoman baru yang memungkinkan pelanggan duduk di toko dan menggunakan kamar kecil tanpa melakukan pembelian, dan menjelaskan kapan karyawan harus (dan tidak seharusnya) menelepon 911.

Setelah melalui masa pelatihan, Starbucks berkomitmen untuk pelatihan bulanan selama tahun depan tentang masalah yang berkaitan dengan bias dan diskriminasi rasial. Namun, masih harus dilihat bagaimana Starbucks akan mencapai "perbaikan ekuitas rasial skala penuh" yang diminta oleh para ahli dari luar.

Simak video berikut bagaimana mereka berinteraksi dengan bahasa isyarat



Dengan adanya gerai yang berbahasa isyarat menunjukkan dukungan dan meningkatkan kualitas layanan prima kepada seluruh konsumen sehingga mereka merasa nyaman dengan layanan yang diberikan tanpa membedakan siapa dia.

Sumber : Rachel Siege dari Washington Post

No comments:

Post a Comment